Padang Panjang Mempersiapkan HUT Yang Ke 229

PadangPanjang, Jurnalsumatra.com – Wali Kota Padang Panjang Fadli Amran mengungkapkan, Dibawah kepemimpinannya dengan Asrul St.Mudo berkomitmen melanjutkan hal-hal baik yang telah ada sebelumnya, serta melanjutkan penguatan pondasi 5 tahun kedepan. Saat ini Kota Padang Panjang terus berbenah dalam berbagai lini untuk  menjadi kota yang semakin baik dari waktu ke waktu. 

Hal ini diungkapkan Fadli Amran dihadapan Gubernur Sumatera Barat, ninik mamak, tokoh masyarakat dan tamu undangan saat Paripurna Istimewa hari jadi Kota Padang Panjang yang ke 229, Ahad (1/11/2019).

Lebih lanjut Fadli Amran mengatakan, pada tahun kedua kepemimpinannya,  sebagai penyelenggara pemerintah ia akan melakukan ” eksekusi” guna mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkan.

” Pada tahun kedua ini kami akan melakukan eksekusi untuk memastikan terlaksananya visi dan misi yang sebagaimana telah tercantum dalam peraturan daerah no 2 tahun 2019,” Ucapnya.

Pada hari jadi Kota Padang Panjang yang ke 229, Walikota termuda ini juga melakukan ekspose terhadap penghargaan pengelolaan tata kota yang telah diraih oleh Kota yang berjuluk Serambih Mekah itu, baik penghargaan tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.  

Pada tingkat Provinsi diantaranya

penghargaan terbaik pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum, pernghargaan adiwiyata untuk SDN 8 Kampung Manggis dan SDN  13 Ganting, SMP 1 dan 5, penghargaan pengelolaan Pasar terbaik se Sumatera Barat serta beberapa penghargaan lainnya. 

Sementara, untuk tingkat Nasional seperti, Penghargaan WTP, Penghargaan kota Sehat, Adipura, Kota Layak Anak, dan beberpaa penghargaan lainnya.

Pada kesempatan itu, Walikota juga mengajak aparatur sipil negara dan masyarakat kota Padang Panjang untuk terus menggiatkan pengelolaan Kota terutama terhadap beberapa faktor dan indikator yang masih perlu dibenahi.

” Kita tidak menginginkan perkembangan pembangunan fisik dan kekuatan ekonomi semata. Namun yang paling penting adalah memberikan rasa aman dan tentram untuk hidup di kota Padang Panjang, dan mempertahankan marwah kota yang harum dari dulu,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Dalam Sambutannya mengatakan meksi Padang Panjang hanya kota kecil dengan 2 kecamatan, namun Padang Panjang memiliki potensi yang luar biasa, baik wisata kuliner dan lain sebagainya. Padang Panjang sebagai kota persinggahan, hendaknya dapat dimamfaatkan oleh pemerintah kota untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

” Sate syukur contohnya, dari daerah hingga ke pusat ,orang pasti akan mencari sate syukur. Itu telah menjdi icon bagi kota yang berjuluk serambi mekah ini,” kata Gubernur.

Gubernur juga berharap, pemerintah kota Padang Panjang dapat memamfaatkan keberadaan kampus ISI  Padang Panjang dalam menggairahkan pariwisata. Dengan berbagai pertunjukan yang melibatkan unsur kampus, diyakini dapat menjadi sebuah wadah dalam menarik kunjungan wisatawan.

” Padang Panjang dapat menampilkan penampilan-penampilan dari mahasiswa. Kalau perlu dibuatkan kalender eventnya. Ada penampilan, orang akan menginap di kota ini sebelum melanjutkan wisatanya ke kota lain di Sumatera Barat,” ucap Irwan Prayitno.

Gubernur menambahkan, peringatan hari jadi yang ke 229 hendaknya dapat dijadikan abeagai momentum evaluasi bagi penyelenggara pemerintah di kota Serambi Mekah. (Myt)