Padang Panjang Menuju Kota Literasi

     Padang Panjang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menuju Kota Literasi dengan terus mengembangkan budaya baca di kalangan masyarakat hingga ke tingkat kelurahan.
“Sekarang kita sedang memberikan pelatihan kepada kader pegiat literasi tingkat kelurahan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Padang Panjang, Desmon di Padang Panjang, Senin.
Kader pegiat literasi ini direkrut untuk bisa mengembangkan budaya baca untuk masyarakat dan mewujudkan masyarakat Padang Panjang menjadi masyarakat yang literasi.
“Kami harus bisa melengkapi dan menciptakan Taman Baca, pojok-pojok baca dimanapun kita berada, bahkan di warung kopi pun kita usahakan ada,” ujarnya.
Ia berharap semua kader yang ikut pelatihan kali ini dapat mengajak semua masyarakat untuk berliterasi. Dan tentunya Pemkot Padang Panjang akan mendukung semua program ini serta juga akan membantu untuk kedepannya.
“Mari kita wujudkan mimpi-mimpi yang selama ini kita impikan dan mari bersama-sama bangun untuk meraih mimpi tersebut,” lanjutnya.
Ketua Forum Pegiat Literasi Padang Panjang, Muhammad Subhan mengatakan pelatihan kali ini diikuti oleh 32 perserta dari tingkat kelurahan yang ada di daerah itu.
“Masing-masing kelurahan mengutus dua orang dari 16 kelurahan yang ada di Padang Panjang,” ujarnya.
Selama pelatihan, peserta akan diberi ilmu bagaimana cara meningkatkan minat membaca kepada masyarakat.
“Harapan kita semua kelurahan di Padang Panjang sudah bisa membudayakan membaca sebagai kebutuhan,” tambahnya.(anjas)

Leave a Reply