Paguyuban Sleman Manunggal Sembada Gelar Wayang Kulit


Sleman , jurnalsumatra.com – Memperingati Hari Jadi ke-17, Paguyuban Sleman Manunggal Sembada (SMS) di Jakarta adakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (9/3/2019) malam.

Adapun lakon yang diangkat adalah Wahyu Senopati dengan dalang Ki Cermo Gondo Gandung Jatmiko asal Kalasan, Sleman. Sebelum pementasan wayang kulit diawali dengan penampilan dalang cilik Raka Tri Wibowo.

Disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumadi, SH, MH, masyarakat Sleman yang berada di Jakarta mempunyai kesadaran untuk terus melestarikan budaya Jawa, yaitu dengan menampilkan pagelaran wayang kulit.

“Hal ini sesuai dengan pesan Bupati Sleman untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Kabupaten Sleman dimana pun kita berada,” papar Sumadi, Senin (11/3/2019) pagi, didampingi Aji Wulantara selaku Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. 

Bagi Sumadi, wayang bukan hanya tontonan biasa atau hiburan belaka. Namun, menurutnya, pertunjukan wayang syarat akan filosofis dan banyak pesan moral di dalamnya. “Maka saya sangat mengapresiasi dengan diadakannya pagelaran wayang oleh Paguyuban SMS itu,” kata Sumadi, yang menambahkan meskipun warga Sleman tinggal di Jakarta, tapi darah DIY dan darah Sleman tidak bisa dihilangkan.

Menyemarakkan peringatan HUT Paguyuban SMS, diisi dengan dialog budaya dan santunan anak yatim, yang dihadiri Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Sleman Shavitri Nurmala Dewi dan Kepala Bagian Umum Setda Sleman,Suyudi. (Affan)

Leave a Reply