Pangdam Cenderawasih Kunjungi Pengungsi Yang Berada Di Timika

Jayapura, jurnalsumatra.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab didampingi sejumlah pejabat di lingkungan TNI, Selasa mengunjungi tempat penampungan pengungsi dari Wamena yang ada di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

  Tercatat sekitar 100 orang yang mengungsi ke Timika dan ditampung di Sekretariat Persekutuan Pemuda Toraja Mimika yang berlokasi di Jalan Samratulangi, Distrik Wania , Timika.

  Disela-sela peninjauan, Pangdam XVII Cenderawasih menyerahkan bantuan kemanusiaan yang berisikan bahan pokok, pakaian serta keperluan lainnya untuk para pengungsi di Timika sebagai rasa empati keluarga besar TNI yang beberapa hari yang lalu memperingati hari jadinya yang ke-74.

  “Kami berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban korban dari kerusuhan di Wamena dan Ilaga September lalu, walaupun nilai dan jumlahnya tidak seberapa namun ini adalah bentuk kepedulian,” kata Asaribab yang sebelumnya menjabat Pangdam XII Tanjungpura.   
  Sekretaris  Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Mimika Marthen Samaa yang mewakili pengungsi mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran pimpinan TNI di lokasi pengungsian.

  Ia mengatakan bahwa kepedulian TNI itu akan sangat membantu para pengungsi yang menjadi korban konflik.

  “Kami sangat berharap agar dapat dibantu pemulangan ke kampung halaman di Sulawesi Selatan,” kata Marten .

  Sekitar 100 orang pengungsi asal Wamena dan Ilaga saat ini ditampung di Tongkonan, Timika.(anjas)