Pangdam I/BB: Hari Juang TNI AD Momentum Instrospeksi Diri

Medan, jurnalsumatra.com – Peringatan Hari Juang TNI AD sesungguhnya merupakan momentum instrospeksi diri untuk mengevaluasi perjalanan panjang yang telah dilalui dan sekaligus menetapkan komitmen untuk melakukan yang lebih baik dimasa depan.

  “Kegiatan doa bersama ini bukan hanya bersifat seremonial semata, namun mampu menyegarkan kembali nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan yang merupakan basis yang sangat fundamental dalam kehidupan sebagai umat manusia,” kata Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, dalam sambutannya dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiarto, di Makodam, Medan, Jumat.

  Pangdam mengatakan hal itu, pada acara doa bersama memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019.

  Sejalan dengan hal tersebut, peringatan Hari Juang TNI AD diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa para prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara.

  “Sekaligus mengapresiasikan diri dalam rangka mewujudkan TNI AD yang profesional dan dicintai rakyat,” ucap dia.

  Fadhilah mengajak semua untuk meneladani nilai-nilai hakiki kejuangan para pendahulu yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, diatas kepentingan pribadi maupun golongan.

  Kegiatan doa bersama dilaksanakan merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, seraya mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yakni peristiwa pertempuran Ambarawa yang menjadi tonggak sejarah lahirnya TNI AD.

  “Sudah sewajarnya pada kesempatan yang baik ini, sejenak kita menundukkan kepala memberikan doa dan penghormatan kepada para pendahulu, yang telah meletakkan dasar-dasar semangat kejuangan kepada generasi penerus TNI AD,” kata mantan Kapuspen TNI itu.

  Sementara untuk wilayah Medan kegiatan doa bersama ini dilaksanakan di Masjid At Taqwa bagi umat muslim, di Gereja Oikumene bagi umat Nasrani dan Pura Satria Buana bagi umat Hindu.

  Dengan harapan semua memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar TNI AD semakin maju dan solid, serta diberikan kemudahan dan kekuatan, dalam mengemban dan menjalankan tugas pokoknya demi keutuhan bangsa dan negara.

  Hadir dalam acara tersebut Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, Staf Ahli Pangdam I/BB, para Kabalakdam I/BB, para Dansat se wilayah Medan, Perwakilan dari Bataluyon BS se wilayah Medan, dan Persit KCKI PD I/BB.(anjas)