Pangdam Tanjungpura Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Kewaspadaan

    Pontianak, jurnalsumatra.com – Pangdam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Achmad Supriyadi menginstruksikan kepada jajaranya untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi beberapa kejadian teror bom di Surabaya.
“Dari beberapa kejadian di Surabaya, tentu kami perlu meningkatkan kewaspadaan dalam mengawal Kamtibmas di seluruh wilayah Kalimantan Barat,” kata Achmad Supriyadi di Pontianak, Selasa.
Ia mengatakan, langkah-langkah tersebut perlu segera diambil dalam menjaga kehidupan berbangsa dan bermasyarakat di seluruh wilayah Kalbar dapat berjalan normal, aman dan damai.
“Jadi kami hadir untuk memberikan keamanan dan kenyaman kepada seluruh masyarakat untuk tetap beraktivitas. Yang beribadah bisa tenang, dan kami hadir akan hadir di tempat-tempat ibadah untuk memberikan rasa aman kepada semua masyarakat,” katanya.
Tidak hanya itu, kata Pandam XII Tanjungpura ini bahwa TNI juga akan hadir di tengah-tengah masyarakat yang menggerakkan kegiatan perekonomian agar tetap merasa aman. “Rasa aman ini sangat diperlukan agar tidak ada rasa takut terhadap kejadian teror di Surabaya,” katanya.

Menurut dia, jika rasa takut itu mencekam pada masyarakat maka tujuan dari teroris itu tercapai. “Untuk itu kita tidak boleh takut tetapi mari bersama-sama meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya.
Ia meminta kepada masyarakat untuk ikut aktif berperan dalam menciptakan kondisi keamanan dan segera laporkan kepada pihak yang berwajib terdekat jika ada orang-orang baru di lingkungannya. Kemudian bila ada gerak-gerakan yang sangat mecurigakan menjurus ke arah mengacaukan keamanan, segera laporkan kepada pihak kepolisian atau lainnya.
“Jangan main hakim sendiri, tapi segera laporkan ke pihak berwajib terdekat. Laporan bisa ke polisi atau TNI sehingga kami bisa mengambil langkah-langkah preventif,” katanya.
Ia juga mengharapkan peran serta media masa melalui pemberitaan agar selalu menyuguhkan berita-berita yang benar dan memiliki nilai-nilai edukasi.
“Peran serta media dalam kondisi seperti ini termasuk menghadapi Pemilu haruslah objektif, berwawasan yang benar, beredukasi serta lebih mementingkan kehidupan dalam persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.(anjas)

Leave a Reply