Pangdam XIII Merdeka Pimpin Rapat Pengamanan Pilkada

   Manado, jurnalsumatra.com – Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito  memimpin rapat pengamanan dalam rangka menghadapi Pilkada serentak  2018,  di Ruang Yudha Makodam, Manado, Jumat.
Pada kegiatan itu, sebelum pengarahan disampaikan, Pangdam Ganip Warsito menerima paparan dari masing-masing Dandim yang di wilayahnya melaksanakan Pilkada Serentak 2018.
Ganip Warsito mengatakan TNI tidak boleh menjadi komponen bangsa yang eksklusif, tetapi harus manunggal dengan rakyat.
“TNI harus menyatu dengan semua elemen bangsa Indonesia: tidak memihak atas suatu elemen bangsa Indonesia yang manapun,” katanya.
Ia mengatakan  Prajurit Kodam XIII Merdeka harus mengetahui batasan-batasan yang boleh  dan yang tidak boleh dilakukan selama tahapan  pesta demokrasi rakyat tersebut berlangsung, karena pada prinsipnya Prajurit TNI harus netral.

    “TNI harus netral: tidak memihak salah satu kontestan Pilkada serentak 2018 maupun Pemilu Nasional 2019 serta tidak terlibat kegiatan politik praktis dalam bentuk apapun,” katanya.
Pilkada Serentak 2018 akan berlangsung di wilayah kerja tujuh Kodim jajaran Kodam XIII Merdeka.
Antara lain   Kodim 1312 Talaud untuk Pilkada Kabupaten Kepulauan Talaud,   Kodim 1301 Sangihe Pilkada Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kodim 1302 Minahasa Pilkada Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Tenggara.
Kemudian Kodim 1303 Bolmong Pilkada Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolmong Utara, Kodim 1304 Gorontalo  Pilkada Kota Gorontalo dan Kab Gorontalo Utara,  Kodim 1306 Donggala Pilkada Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong, serta Kodim 1311 Morowali Pilkada Kabupaten Morowali.(anjas)

Leave a Reply