Panwaslu Karawang Berharap Pengawas TPS Kurangi Kecurangan

    Karawang, jurnalsumatra.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berharap agar keberadaan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Gubernur Jabar bisa mengurangi kecurangan pada saat coblosan/pemilihan.
“Perekrutan Pengawas TPS sudah dilakukan sejak seminggu lalu,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang Syarif Hidayat, di sela rapat kordinasi pembentukan Pengawas TPS Pilgub Jabar di Karawang, Selasa.
Ia mengatakan, Pengawas TPS memiliki fungsi dan peran yang penting. Diharapkan bisa melakukan pengawasan yang lebih maksimal, akurat, dan cepat.
Apalagi, saat ini sudah zaman digital dengan penuh kecepatan memberikan informasi maupun laporan. Sehingga nantinya Pengawas TPS dituntut menyampaikan laporan atau informasi dengan cepat.

     Pihaknya berharap dengan adanya Pengawas TPS tidak ada kecurangan ditingkat TPS pada Pilgub Jabar nanti. Sehingga penyelenggaran Pilgub Jabar bisa sesuai yang diharapkan tanpa adanya permasalahan.
“Kami meminta Panwaslu tingkat kecamatan menyeleksi Pengawas TPS agar mereka benar-benar memiliki kredibilitas dalam bekerja,” kata dia.
Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Karawang, Suryana Hadi Wijaya mengatakan, pihaknya membentuk Pengawas TPS untuk memastikan tidak ada pelanggaran dalam proses pemungutan suara di setiap TPS.
“Tugas pokok Pengawas TPS untuk mengawasi pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara di setiap TPS,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =