Panwaslu Karawang Lakukan Pemetaan TPS Rawan Kecurangan

    Purwakarta, jurnalsumatra.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melakukan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan kecurangan.
“Pemetaan itu dilakukan untuk menghindari adanya kecurangan di tingkat TPS,” kata Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Karawang Kursin Kurniawan di Karawang, Senin.
Ia mengatakan, ada enam variabel TPS yang rawan, di antaranya akurasi data pemilih, penggunaan hak pilih atau hilangnya hak pilih, politik uang, netralitas KPPS, pemungutan suara dan kampanye sara.

    Indikator akurasi data pemilih ialah terdapat pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan terdapat pemilih yang tidak memenuhi syarat, tapi terdaftar dalam DPT.
Untuk indikator kampanye sara ialah terdapat praktik yang mempengaruhi pemilih untuk memilih atau tidak memilih calon tertentu berdasarkan agama, suku, ras dan golongan disekitar TPS.
“Netralitas TPS indikatornya adalah petugas KPPS yang mendukung salah satu calon,” kata dia.
Kursin mengaku akan mengoptimalkan sosialisasi mengenai pengawasan di tingkat TPS ke seluruh Panwaslu tingkat kecamatan untuk selanjutnya disampaikan ke petugas pengawas tingkat desa dan tingkat TPS.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 2 =