Panwaslu Karawang Tambah Ribuan Tenaga Pengawas Pilgub

    Karawang, jurnalsumatra.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menambah ribuan tenaga pengawas yang akan ditempatkan di seluruh tempat pemungutan suara pada Pemilihan Gubernur Jabar.
“Kami akan menambah 3.022 tenaga pengawas, sesuai dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) pada Pilgub Jabar nanti,” kata Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu setempat Suryana Hadi Wijaya, di Karawang, Minggu.
Ia mengatakan, tenaga pengawas TPS pada Pilgub Jabar tersebut dibutuhkan untuk memantau kemungkinan adanya pelanggaran dalam proses pemungutan suara di setiap TPS.

    Rencananya, tenaga pengawas TPS tersebut akan dibentuk paling lambat 1 Juni atau 27 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.
“Tugas pokok tenaga pengawas TPS ini ialah mengawasi pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara di setiap TPS,” kata Suryana.
Pendaftaran tenaga pengawas TPS tersebut dibuka pada 21-25 Mei 2018. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa langsung ke Kantor Panwaslu tingkat kecamatan.
Menurut dia, kebutuhan tenaga pengawas TPS Pilgub Jabar itu disesuaikan dengan jumlah TPS di Karawang yang mencapai 3.022 TPS, tersebar di 309 desa/kelurahan sekitar Karawang.
Selain melakukan pengawasan di TPS, tenaga pengawas TPS itu juga bertugas melakukan pengawasan pada hari tenang. Tugas tambahannya ialah melakukan pembersihan alat peraga kampanye pada saat hari tenang dan memastikan tidak ada kampanye di hari tenang. (anjas)

Leave a Reply