Panwaslu Lahat Deklarasi Tolak Politik Uang

Lahat, Sumsel, jurnlsumatra.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu)  Kabupaten Lahat menggelar deklarasi tolak dan lawan politik uang serta politisasi suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lahat 2018.

“Oleh sebab itu, kami akan tolak dan lawan politik uang, politisasi SARA untuk Pilkada Lahat 2018 yang berkualitas dan berintegritas,” ucap Ketua Panwaslu Kabupaten Lahat, Saptasa Adrian SE, Rabu (14/2), kemarin.

Menurutnya, deklarasi yang digelar ini merupakan langkah untuk mengawal Pilkada serentak 2018. Selain itu, agar dapat diingat semua masyarakat Bumi Seganti Setungguan.

“Terus terang, ini merupakan program nasional. Kita di Kabupaten Lahat juga akan melaksanakannya serentak di seluruh Sumsel dan Indonesia,” tambahnya lagi.

Lebih jauh, dijelaskannya, tolak dan lawan politik uang pada Pilkada 2018 ini sangat penting, mengingat politik uang dan politisasi SARA merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

“Intinya, politik uang tidak memberikan pendidikan yang baik kepada masyarakat yang ada. Melainkan, akan mencederai integritas penyelenggaraan Pilkada 2018. Sedangkan politisasi SARA berakibat masyarakat terkotak-kotak. Untuk mengantisipasi itu, harus kita lawan bersama sama,” pungkas Saptas. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − ten =