Panwaslu Minahasa Tenggara: KPU-Pemkab Klarifikasi Soal Baliho

     Minahasa Tenggara, jurnalsumatra.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara menyatakan Pemerintah Kabupaten dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat telah menyampaikan klarifikasi terkait baliho yang mengajak memilih kotak kosong.
“Kedua pihak terlapor yakni Pemkab dan KPU Kabupaten Minahasa Tenggara telah memberikan klarifikasinya terhadap laporan dari tim kampanye pasangan calon James Sumendap dan Joke Legi,” ujar Ketua Panwaslu Kabupaten Minahasa Tenggara Jobby Longkutoy di Ratahan, Jumat.
Lebih lanjut diungkapkan Jobby berdasarkan klarifikasi melalui Ketua KPU Minahasa Tenggara Ascke Benu telah membantah pemasangan logo di baliho ajakan untuk memilih kotak kososng tersebut.
“Dari KPU Minahasa Tenggara sudah memberikan klarifikasi terkait pemasangan logo tanpa sepengetahuan atau dari pihak KPU,” katanya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Minahasa Tenggara Ronald Kandoli, mengatakan tidak mengetahui adanya pemasangan baliho tersebut termasuk  menyertakan logo pemerintah daerah di dalamnya.
“Dari pernyataan beliau (Plt Bupati), dirinya mengaku tidak mengetahui adanya pemasangan baliho tersebut, termasuk dengan pencatutan logo daerah,” kata Jobby mengutip pernyataan Plt Bupati.
Jobby menambahkan, pihaknya juga akan memanggil Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Minahasa Tenggara untuk dimintai keterangan tentang pemasangan logo pemerintah daerah.
“Kami akan minta keterangan kepala bagian hukum, untuk mempertanyakan soal logo daerah, berkaitan dengan siapa saja yang bisa atau boleh menggunakan logo daerah. Termasuk ketentuan lainnya soal penggunaan logo daerah ini,” jelasnya.
Sedang proses penanganan dan proses pengambilan keputusan akan dilakukan pada Sabtu (21/4) besok.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =