Papua Ajak Petugas Kesehatan Deteksi Penyakit Cacing

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua, mengajak petugas kesehatan di Kabupaten Dogiyai dan Yalimo untuk mendeteksi penyakit cacing pada anak secara dini terutama anak sekolah dasar.
Kepala Seksi Wabah dan Bencana Dinas Kesehatan Papua Yamamoto Sasarari di Jayapura, Rabu mengatakan ajakan itu bertujuan untuk mengenali cacing pada anak, sekaligus memberikan penguatan kemampuan petugas kesehatan di dua kabupaten ini agar bisa mendeteksi dini dan mencegah masalah penyakit anak di daerahnya.
Ia mengatakan deteksi dini penyakit cacing pada anak di Kabupaten Yalimo rencananya akan dilaksanakan pekan depan, sementara di Kabupaten Dogiyai sudah dilaksanakan sejak Minggu-Selasa (22-24/10) bersama petugas kesehatan di dinkes setempat.
“Pada Minggu (22/10) itu kita pertemuan sampai sore, kemudian dilanjutkan pada Selasa (23/10) pagi dan siangnya kita turun ke beberapa sekolah dasar di Dogiyai untuk melakukan pemeriksaan  penyakit cacing pada anak,” ujarnya.

    “Kita ketahui bersama bahwa di negara-negara berkembang itu termasuk Indonesia itu tidak terlepas dari masalah penyakit cacing pada anak,” ujarnya lagi.
Penyebab penyakit cacing pada anak ini, kata dia, akan berdampak kepada anak-anak lebih khusus anak-anak di usia dua tahun sampai usia 15 tahun atau usia sekolah dasar (SD).
Dampak dari penyakit cacing pada anak ini bisa jadi anak akan kekurangan gizi, mengurangi kualitas daripada anak itu sendiri yang berujung pada penurunan Sumber Daya Manusia (SDM), ujarnya.
“Kami berharap bahwa dengan adanya pemeriksaan penyakit cacing pada anak  di dua kabupaten ini dapat dilanjutkan oleh petugas kesehatan setempat,” ujarnya lagi.(anjas)

Leave a Reply