Para Atlet APG Sosialisasikan Peduli Masyarakat Difabel

     Solo, jurnalsumatra.com – Para atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang dipersiapkan mengikuti Asian Para Games (APG) 2018 akan melakukan sosialisasi peduli masyarakat difabel yang dikemas melalui “PARADAYSPIRIT” agar keberadaan mereka mendapat dukungan.
“‘PARADAYSPIRIT’ merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat Indonesia dari para atlet difabelitas yang berlaga di APG,” kata Presiden NPC Indonesia Senny Marbun, di Solo, Senin.
Menurut Senny Marbun kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian atlet difabel agar masyarakat bisa menerima keberadaan kelompok orang yang mengalami keterbatasan fisik.
Senny Marbun mengatakan perlakuan yang diskriminatif terhadap masyarakat difabeliltas masih terjadi. Keterbatasan fisik yang disandang membuat mereka terpinggirkan. Penting sekali bila masyarakat makin disadarkan kesetaraan bagi orang difabel.
Pesta olahraga multievent APG 2018 menjadi salah satu momen terbaik melakukan sosialisasi kesetaraan bagi penyandang kekurangan fisik. Indonesia menjadi tuan rumah, sedangkan Jakarta dan Palembang sebagai kota penyelenggaraan olahraga atlet difabelitas se-Asia.
“APG merupakan kegiatan olahraga terakbar se-Asia sehingga sangat tepat untuk sosialisasi kesetaraan bagi masyarakat difabel,” kata Senny Marbun.

     Menurut dia, sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang kekurangan fisik, atlet difabelitas yang sedang menjalani Pelatnas di Solo melakukan sosialisasi melalui “PARADAYSPIRIT”. Dengan tagline “KAMI JUARA !!!”, kegiatan rencana diselenggarakan 31 titik di kota-kota terpilih di seluruh Indonesia dengan mengadopsi “CAREFREE DAY” dari kegiatan Car Free Day yang diadakan setiap akhir pekan.
Pentingnya kegiatan tersebut, Senny berharap kegiatan PARADAYSPIRIT mendapat dukungan dari berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. PARADAYSPIRIT menyatukan kegiatan olahraga yang melibatkan atlet difabel dan nondifabel serta masyarakat luas. Rangkaian kegiatan acara sosialisasi olahraga dikemas ringan dengan menyatukan kesenian yang menghibur masyarakat di kota-kota terpilih.
Mustofa Ramly dari “86PRODUKSI” sebagai divisi kegiatan NPC mengatakan NPC berencana memecahkan rekor kain dukungan terpanjang dari masyarakat kepada atlet APG.
Mustofa menjelaskan Surakarta menjadi kota pembuka PARADAYSPIRIT yang rencananya dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, pada Mei mendatang. Puncaknya, akan menggelar Paraday Fun Run dengan jarak 9 kilometer di Bali pada 9 September.
“Hal ini, merupakan akhir acara besar dari rangkaian PARADAYSPIRIT, sekaligus momen menyambut perayaan HUT NPC, pada 31 Oktober,” kata Mustofa.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − thirteen =