Pariaman Upayakan Bangun Dermaga Penyeberangan Ke Mentawai

       Pariaman, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), sedang mengupayakan pembangunan dermaga di daerah itu sebagai bagian pelabuhan penyeberangan ke Kepulauan Mentawai kepada pemerintah pusat dan provinsi.
     “Saya sudah menyurati Kementerian Perhubungan untuk memasukkan usulan ini ke dalam perencanaan pembangunan pemerintah pusat,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai menyerahkan bantuan kepada nelayan dan pedagang ikan di Pariaman, Selasa.
     Selain menyurati Kementerian Perhubungan, pihaknya juga mengusulkan hal tersebut kepada Pemerintah Provinsi Sumbar.
     Ia mengatakan jika pemerintah provinsi mengabulkan dan pemerintah pusat memasukkannya ke dalam perencanaan maka pembangunan dermaga dapat dilakukan secepatnya.
     “Jika langsung disetujui maka pembangunan fisik dapat dikerjakan tahun depan,” katanya.
     Ia menyampaikan pembangunan dermaga tersebut menggunakan dana dari pemerintah pusat karena pihaknya tidak memiliki anggaran yang besar.
     Ia menyebutkan meskipun pihaknya belum memiliki desain untuk pelabuhan tersebut namun diperkirakan dana yang dibutuhkan untuk sarana perhubungan laut itu mencapai Rp150 miliar.
     “Rencananya pelabuhan ini akan dibangun di Sunur Kecamatan Pariaman Selatan,” ujarnya.
     Pada tahun ini pihaknya akan melakukan studi kelayakan di lokasi yang telah ditentukan tersebut.
     Genius menyampaikan pengusulan dermaga di daerah itu karena lokasinya dekat dengan Bandara Internasional Minangkabau dan lebih mudah diakses dari pada Bungus.
     Selain itu, dengan adanya pembangunan dermaga tersebut kapal tonase besar dapat bersandar di dermaga tersebut sehingga dapat meningkatkan perekonomian nelayan setempat.(anjas)

Leave a Reply