Pasangan Calon Bupati Banyumas Deklarasikan Kampanye Damai

     Purwokerto,jurnalsumatra.com – Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Banyumas, Jawa Tengah, mendeklarasikan kampanye damai demi terciptanya Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyumas Tahun 2018 yang aman, damai, tenteram, dan “semeduluran” (persaudaraan, red.).
Deklarasi kampanye damai yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas itu digelar di Taman Rekreasi Andhang Pangrenan, Purwokerto, Banyumas, Sabtu siang.
Dalam orasi demokrasinya, Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi mengatakan deklarasi kampanye damai merupakan momentum penting dalam tahapan kampanye.
“Mari kita wujudkan komitmen kampanye yang ATDS, Aman, Tenteram, Damai, dan ‘Semeduluran’,” katanya.
Dia meminta seluruh pasangan calon beserta partai politik pendukungnya untuk melaksanakan kampanye sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Sementara itu, Komisioner Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas Yon Daryono mengharapkan selama masa kampanye tidak ada pelanggaran kampanye maupun tindakan yang mengarah ke tindak pidana pemilu.
“Dengan demikian, tidak ada yang harus berhadapan dengan hukum karena melakukan pelanggaran selama kampanye,” katanya.
Usai orasi demokrasi, Ketua KPU Banyumas Unggul Warsiadi memimpin pembacaan ikrar kampanye damai yang diikuti seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto dan pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono.
Selanjutnya, seluruh pasangan calon menandatangani ikrar kampanye damai dengan disaksikan Komisioner KPU Banyumas, Panwaslu Banyumas, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.
Deklarasi kampanye damai itu diakhiri dengan kirab kendaraan menyusuri sejumlah ruas jalan di kota Purwokerto yang dimulai dari Taman Rekreasi Andhang Pangrenan dan berakhir di Sekretariat KPU Kabupaten Banyumas.

Pilkada Banyumas yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018 berbarengan dengan Pilkada Provinsi Jawa Tengah diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Mardjoko dan Ifan Haryanto dengan nomor urut 1 serta pasangan Achmad Husein dan Sadewo Tri Lastiono dengan nomor urut 2.
Dalam hal ini, pasangan Mardjoko-Ifan Haryanto diusung Partai Golongan Karya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan.
Sementara pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat.
Calon Bupati Achmad Husein merupakan petahana karena hingga saat ini masih menjabat sebagai Bupati Banyumas berpasangan dengan Wakil Bupati Budhi Setiawan.
Sementara Mardjoko merupakan Bupati Banyumas periode 2008-2013 hasil Pilkada Banyumas 2008 yang saat itu berpasangan dengan Achmad Husein.
Dalam Pilkada Banyumas 2013 yang diikuti enam pasangan calon, Mardjoko kembali mencalonkan diri sebagai bupati berpasangan dengan Gempol Suwandono.
Demikian pula dengan Achmad Husein mencalonkan diri sebagai bupati berpasangan dengan Budhi Setiawan hingga akhirnya menang dalam Pilkada Banyumas 2013.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − nine =