Pasangan Sofyan Hasdam-Rizal Effendi Kalah Di Balikpapan

     Balikpapan, jurnalsumatra.com – Penghitungan suara Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur 27 Juni 2018 di Balikpapan ternyata bukan pasangan ‘tuan rumah’ Sofyan Hasdam-Rizal Effendi menjadi pemenang.
Pilgub di Kota Minyak ini, justru yang berjaya pasangan nomor 4 Rusmadi Wongso-Safaruddin dengan perolehan suara 83.491.
“Sofyan Hasdam-Rizal Effendi di urutan kedua dengan suara 82.488,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Balikpapan Noor Thoha, di Balikpapan, Jumat.
Beda suara antara pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 4 itu adalah 1.043 suara.
Pada urutan ketiga adalah pasangan nomor urut 3, Isran Noor-Hadi Mulyadi dengan pemilih keseluruhan di kota ini berjumlah 68.647 suara.
Adapun pasangan nomor 2, Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat yang punya popularitas tinggi di ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda hanya mendulang suara sebesar 22.155 suara.
“Selama tidak ada sanggahan dari tim pasangan calon dalam penghitungan suara tingkat kota ini, maka KPU Balikpapan akan melanjutkannya ke tingkat provinsi,” kata Noor Thoha.

        Dia menambahkan, namun bila terdapat keberatan dari tim saksi pasangan calon seperti catatan dan kejadian khusus pada tahapan ini, bisa dicatat dan dievaluasi. Tim sukses yang keberatan atas hasil penghitungan suara ini diberikan kesempatan mengajukan keberatan ke KPU Kaltim dengan mengisi formulir DB2 untuk kemudian ditindaklanjuti.         Sebelumnya, KPU Balikpapan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara hasil Pilgub Kaltim 2018 pada Rabu (4/7) lalu.
Meski perolehan suaranya hanya menempati urutan ketiga, bagi pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi, suara dari Balikpapan tersebut memberi tambahan yang signifikan bagi pasangan Isran-Hadi untuk mendapatkan suara terbanyak dalam Pilgub Kaltim kali ini.
Hasil hitungan cepat lembaga survei politik yang dirilis beberapa jam setelah pemungutan suara ditutup, pada penghitungan Lingkar Survei Indonesia (LSI) pasangan calon gubernur nomor 3, Isran Noor-Hadi Mulyadi meraih 31,46 persen, dan menurut Indobarometer 30,68 persen.
Pasangan Rusmadi-Safaruddin meraih 24,38 persen suara versi LSI, dan 24,71 persen suara versi Indobarometer. Pasangan Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat mendapat 23,14 persen suara versi hitung cepat LSI, dan 22,55 persen suara versi Indobarometer. Pasangan Andi Sofyan Hasdam-Rizal Effendi dengan 21,01 persen suara versi LSI, dan 22,07 persen suara versi Indobarometer.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 9 =