Pasangan Thoriq-Indah Klaim Unggul Di Pilkada Lumajang

     Lumajang, jurnalsumatra.com – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang nomor urut 1 Thoriqul Haq – Indah Amperawati mengklaim unggul di Pilkada Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dengan memperoleh suara sekitar 40 persen lebih berdasarkan rekapitulasi penghitungan yang dilakukan tim suksesnya.
“Ada dua rekapitulasi penghitungan yang kami lakukan yakni ‘quick count’ dan ‘real count’ yang dilakukan tim sukses berdasarkan laporan saksi di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS),” kata Thoriqul Haq di Kabupaten Lumajang, Rabu (27/6) malam.
Berdasarkan “quick count” yang sudah masuk di angka 90 persen dari semua sampel TPS, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang nomor urut 1 ini unggul meraih  suara sebanyak 44,3 persen.
“Kami juga melakukan penghitungan ‘real count’ dengan input data berbasis komputer dan menggunakan aplikasi, sehingga progres perolehan suara berkisar 40-43 persen. Kami bersyukur data itu tidak jauh berbeda dengan hitung cepat yang dilakukan tim sukses,” katanya.
Menurutnya pihaknya juga sudah mengumpulkan berkas form C-1 beserta dokumen yang diterima saksi di setiap TPS, sehingga dipastikan data tersebut benar-benar valid dan diharapkan tidak akan jauh berbeda dengan rekapitulasi penghitungan manual yang dilakukan KPU Kabupaten Lumajang.

“Kami berharap semua pihak bersama-sama mejadi bagian harapan perubahan yang lebih baik untuk Kabupaten Lumajang lima tahun ke depan,” katanya.
Sementara calon Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan kemenangan tersebut bukan kemenangan Thoriq-Indah, namun kemenangan warga Kabupaten Lumajang.
“Untuk itu, yang berbeda pilihan harus bersatu dan mari bersama-sama membangun Kabupaten Lumajang yang lebih hebat dan bermartabat,” tuturnya.
Sementara itu, Komisioner KPU Lumajang M. Ridho Mujib mengatakan KPU Lumajang masih melakukan proses “scanning” salinan form C-1 dari semua TPS yang diunduh melalui sistem informasi penghitungan atau situng KPU RI.
“Kami tetap masih akan menunggu rekapitulasi suara secara resmi yang dilakukan mulai dari TPS, PPK hingga tingkat KPU Lumajang,” katanya.
Pilkada Lumajang diikuti tiga pasangan calon yakni Thoriqul Haq – Indah Amperawati dengan nomor urut 1, pasangan calon bupati petahana As’at – Toriq dengan nomor urut 2, dan pasangan Rofiq – Nurul Huda dengan nomor urut 3,
Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Lumajang dan Pilkada Jatim yang sudah ditetapkan sebanyak 812.479 pemilih dengan rincian sebanyak 395.709 pemilih laki-laki dan 416.770 pemilih perempuan, dengan jumlah TPS sebanyak 1.872 TPS. (anjas)

Leave a Reply