Pasar Murah PTBA Untuk Tujuh Desa Merapi Timur

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Bulan penuh berkah dan ampunan ini ternyata dimanfaatkan semua pihak, tak terkecuali Perusahaan Batubara yang ada di Kabupaten Lahat.

Keluhan masyarakat akan merangkak naiknya sejumlah bahan pokok yang ada dipasaran, akhirnya bisa terjawab oleh PT Bukit Asam Tbk.

Rabu (6/6/2018) perusahaan milik BUMN ini, menggelar pasar murah untuk ditujuh Desa dalam wilayah Merapi Timur, dan kegiatan tersebut, akan merambah kedesa merapi, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

Diketahui isi paket sembako yang dijual oleh PT Bukit Asam Tbk dengan nilai 180 Ribu. Namun, dipasar murah PTBA hanya menjual kepada masyarakat di Merapi Timur seharga 30 Ribu. Isi paket sembako tersebut yakni, 10 KG Beras Dewa, Minyak Sayur 1 Liter, 2 KG Gula Pasir, Tepung Terigu, dan, Susu Kental Manis.

Program pasar murah itu, dikeluarkan melalui dana CSR  (CORPORATE SOSIALITE RESPONSIBILITY) perusahaan PT. Bukit Asam Tbk adapun pasar murah yang digelar di Desa Gunung Kembang 225 paket dijual Rp 30.OOO; (tiga puluh ribu rupiah ). Berupa (10 kg beras. Susu kental manis 2 blek.minyak goreng.1litre dan  gandum 1 kg.

“Kegiatan pasar murah yang kita lakukan ini, merupakan bentuk kepedulian PT Bukit Asam Tbk terhadap semua masyarakat khususnya di Merapi Area, ” ungkap Site Manager CSR, Rabu (6/6/2018), kemarin.

Menurutnya, melalui kordinator lapangan pasar murah yang digelar ini ada salah satunya beras DEWA ” Binaan PT. Bukit Asam Tbk yang sengaja dijual murah kepada masyarakat diwilayah ring satu perusahaan PT. Bukit Asam Tbk.

“Kita jual murah bukan barang jelek. Yang jelas, beras binaan PT Bukit Asam Tbk ini super dan siap bersaing dipasaran Lokal, ” pungkasnya.

Sedangkan, kepala desa (Kades)  Gunung Kembang Hasan Basri saat diwawancarai menjelaskan, dengan adanya program pasar murah yang digelar oleh PT. Bukit Asam Tbk bagi warganya itu, sangat membantu sekali.

“Jelas, sangat membantu sekali khususnya bagi warga Desa Gunung Kembang, terutama dalam persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, ” terangnya.

Hasan Basri menambahkan, dirinya mewakili masyarakat Desa Gunung Kembang mengucapkan terima kasih kepada perusahaan PT. Bukit Asam Tbk yang telah peduli kepada warga sekitar.

“Sebab, mayoritas masyarakat desa kita petani apalagi saat ini harga karet turun, dengan adanya pasar murah melalui pembelian kupon senilai Rp 30.OOO rupiah saya rasa mereka senang bisa membantu bagi keluarga yang tidak mampu seperti janda dan warga lainnya, ” tuturnya.

Untuk diketahui, sambung Hasan Basri, hasil penjualan pasar murah bekerja sama dengan PT. Bukit Asam Tbk uang nya sudah disumbangkan kepada pengurus Masjid sdr. Burhani sejumlah Rp 6.750.000; dan langsung disaksikan oleh ibu Titin dari CSR PT. Bukit Asam Tbk. Jelas Kades lagi.

Sementara Desa Sirah Pulau ada 250 paket sembako dijual murah kepada warga mereka harus membeli kupon seharga Rp 30.OOO ;  untuk mendapatkan paket sembako terdiri beras 10 kg.2 blek susu kental manis. minyak goreng dan gandum.

Staf CSR pak Syamsuir mengatakan untuk di wilayah merapi Timur ada 7 desa yaitu Kelurahan Lubay Bandung. Desa Muaralawai, Arahan,  Banjarsari, Prabumenang, Gunung Kembang dan Sirah Pulau.

Lalu, untuk di Kecamatan Merapi Barat yakni, Desa Merapi jadi jumlahnya 1861 paket sembako yang dijual melalui program CSR PT. Bukit Asam Tbk kalau harganya Rp 180. 000;  dijual kepada masyarakat sebesar Rp 30.OOO;  dan beras yang dijual kepada masyarakat adalah beras dewa binaan PT. Bukit Asam Tbk. (Din).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + four =