Pascabom Bunuh Diri Pengamanan Diperketat di Polrestabes Palembang

Palembang, jurnalsumatra.com – Pascabom Bunuh Diri Di Polrestabes Medan, Polda Sumsel dan Polrestabes Palembang Perketat Pengamanan

Pascabom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019) pagi, membuat Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) pun memperketat keamanan dengan menyiapkan personel khusus yang berjaga di pintu penjagaan.

“Kami sangat prihatin dan mengutuk keras aksi bom bunuh diri di Polrestabes Medan,”  kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi di Palembang, Rabu (13/11/2019).

Karena itu, kata Supriadi, pihaknya memperketat keamanan lantaran kantor polisi merupakan tempat pelayanan publik seperti pembuatan Surat Keterangan Catata Kepolisian (SKCK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan pelayanan lainnya.

“Untuk personel yang berjaga di pintu masuk Polda Sumatera Selatan akan diterjunkan satuan pemukul dari Brimob,” katanya.

Ia mengatakan, usai memperketat keamanan, masyarakat yang akan memasuki markas kepolisian baik polsek, polres, dan polda harus dilakukan pengecekan dan pemeriksaan dengan ketat oleh penjaga.

“Kalau pengunjung memakai jaket harus dilepas. Kemudian, jika membawa tas harus diperiksa serta tanyai identitasnya sehingga bisa terdata,”  kata  Supriadi.

Menurutnya terkait pelaku bom bunuh diri yang mengenakan jaket ojek dalam jaringan (daring), pihaknya telah melarang ojek daring untuk masuk ke Markas Polda.

“Memang ojek online itu memang tidak bisa masuk ke dalam dan hanya sampai depan saja. Itu sudah peraturan yang telah lama kami lakukan sebelum adanya aksi bom bunuh diri di Polrestabes Medan,” tambahnya.

Pihaknyapun mengimbau pada masyarakat di wilayahnya untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing akan isu yang berkaitan dengan aksi teror. “Jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang beredar. Polisi akan memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat,” katanya.

Hal serupa juga dilakukan Polrestabes Palembang, Rabu (13/11/2019). Nampak, seluruh pengunjung baik membawa kendaraan roda empat maupun roda dua tak luput dari pemeriksaan petugas piket penjagaan Polrestabes Palembang.

Pemeriksaan yang dipimpin langsung Kabag Ops Polrestabes Palembang, Kompol Yudha Widyatama Nugraha SIk turut melibatkan piket pawas dan provost.

Kabag Ops Polrestabes Palembang, Kompol Yudha Widyatama Nugraha SIk mengatakan hanya pemeriksaan rutin.

“Kita hanya tingkatkan pengamanan dan ini pemeriksaan rutin yang kita lakukan,” katanya.(udy)