Pasien Positif Covid-19 Pagaralam Meninggal Dunia

Pagaralam, jurnalsumatra.com –  Setelah dilakukan isolasi dan perawatan satu minggu di Rumah Sakit Daerah (RSD) Besemah Kota Pagaralam, akhirnya pasien kasus 04 yang positif covid-19 meninggal dunia, Sabtu (11/07/2020).

Proses pengurusan hingga pemakaman jenazah almarhum dilakukan dengan Protokol Covid-19 dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Simpang Padang Karet di Kelurahan Besemah Serasa, Kecamatan Pagaralam Selatan. Dengan tidak dihadiri keluarga dan pelayat sebagai mana pemakaman normal.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pagaralam Drs Syamsul Bahri Burlian membenarkan jika pasien 04 yang positif covid-19 meningal dunia setelah dilakukan isolasi dan perawatan di RSUD Besemah.

“Memang salah satu pasien Covid-19 di rawat di RSUD Besemah yang meninggal dunia,” kata Samsul.

Menurut Samsul, sementara  prosesi pemakaman dilakukan sesuai dengan protokol covid-19 yang dilakukan petugas khusus.

“Jenazah tetap  dimakakamkan di pemakaman umum lokasi Simpang Padang Karet, tapi dilakukan petugas khusus,” kata dia.

Dia menghimbau, agar seluruh masyarakat, melaksanakan protokol kesehatan (Prokes)  seperti  menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun, pakai masker agar tidak terpapar Covid-19 dan lebih baik tinggal di rumah kalau tidak terlalu penting.

“Mari kita tingkatkan penerapan protokol kesehatan dimulai dari diri kita sendiri,” ungkap dia.

Dia mengatakan, pasien ini sebelum meninggal memang sudah ada riwayat jantung dan penyakit lainnya sehingga rawat terpapar Covid-19 karena daya tahan tubuh lembah. (Kaci)