Patelki Mimika Target Anggotanya Berpendidikan Miminal D3

    Timika, jurnalsumatra.com – DPC Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia Kabupaten Mimika, menargetkan sebanyak 18 anggotanya berpendidikan minimal setara dengan D3 pada 2019.
Ketua DPC Patelki Mimika Reynold Ubra di Timika, Kamis, mengatakan dari sebanyak 103 anggota Patelki Mimika, terdapat 18 anggota yang telah menjadi ASN namun hanya berpendidikan setara SMA dan akan didorong 2018 untuk mengikuti pendidikan lanjutan.
Sehingga pada 2019, semua anggota Patelki di Mimika sudah berpendidikan minimal setara dengan D3.
“Ini yang menjadi perhatian kami untuk memperjuangkan rekan-rekan agar sekolah lanjut pada 2018 ini melalui program dari Dinkes Provinsi dan Kabupaten,” ujarnya.

     Reynold menjelaskan bahwa Patelki adalah bagian dari pembangunan kesehatan. Untuk itu organisasi profesi itu harus dapat memberikan perlindungan hukum, sehingga dari aspek hukum di era jaminan kesehatan perlu ada perlindungan bagi mereka yang melaksanakan praktek profesi yaitu terdaftar di Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia dan juga memiliki STR.
Menurutnya secara nasional sama bahwa tenaga yang sangat dibutuhkan di era jaminan kesehatan khusus untuk upaya kesehatan perorangan salah satunya tenaga analis kesehatan  selain dokter dan farmasi.
Sementara penunjang lain itu memang dibutuhkan tetapi kan berurusan dengan upaya kesehatan masyarakat.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 5 =