Pawai Obor Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam

     Cirebon, jurnalsumatra.com – Masyarakat Kota Cirebon dan Indramayu, Jawa Barat, menggelar pawai obor dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1440 H dengan mengelilingi kota.
“Kurang lebih ada 1.000 orang peserta yang mengikuti pawai obor menyambut tahun baru Islam,” kata Ketua pelaksana pawai taaruf 1 Muharram Ponpes Jagasatru Kota Cirebon, Abdul Hamid Yahya di Cirebon, Senin.
Dia menjelaskan pawai obor ini mengangkat tema Ukhuwah Islamiyah, menyerukan kepada seluruh warga Cirebon terutama umat muslim menjadikan momentum tahun baru Islam untuk menyambung kembali persaudaraan.
Pawai itu, lanjut Abdul dengan pembacaan doa akhir dan awal tahun. Dan selam pawai juga para peserta membacakan doa awal tahun sepanjang jalan.

Kemeriahan tahun baru Islam juga tidak hanya di Cirebon, warga Kabupaten Indramayu pun menggelar pawai obor mengelilingi daerah itu seraya mengumandangkan takbir.
Seperti dikatakan seorang warga, Suci Rahmawati bahwa adanya pawai obor ini merupakan bentuk syukur dan juga cara warga merayakan tahun baru Islam.
“Beginilah cara kami memperingati tahun baru Islam dan ini sudah setiap tahun dilakukan,” ujarnya.
Pawai obor itu mengelilingi perkampungan dan beberapa warga mengumandangkan takbir serta  shalawat selama pawai.
Sementara itu Siti Mariah salah seorang warga yang menyaksikam pawai obor itu menyebutkan kagum dan juga senang dengan kreasi warga.
“Bagus juga dan acaranya unik, saya juga sering menyaksikan ketika malam tahum baru tiba,” tambahnya.
Deretan obor yang dibawa warga dihiasi sedemikian rupa, hal ini juga merupakan daya tarik sendiri bagi warga yang melihat pawai obor tersebut.(anjas)

Leave a Reply