PBSI Sulawesi Selatan Wadahi Atlet Usia Muda

    Makassar, jurnalsumatra.com – Pengurus Provinsi Persatuan Bulutagkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Selatan memberikan wadah yang lebih luas bagi atlet usia muda untuk berkembang dengan memperbanyak kategori pertandingan di turnamen Daihatsu-Astec Open di GOR Dafest Makassar, 3-7 April 2018.
Ketua Pengprov PBSI Sulsel Devo Khaddafi di Makassar, Rabu, mengatakan pihaknya sengaja menyiapkan lebih banyak kategori kelompok umur karena melihat begitu besarnya jumlah atlet Sulsel yang berada di kategori tersebut.
“Untuk pelaksanaan Daihatsu-Astec Open 2018 memang berbeda dari sebelumnya yakni tidak lagi mempertandingkan kategori taruna. Kami sengaja meminta kepada penyelenggara karena melihat kondisi di Sulsel yang memiliki begitu banyak atlet muda,” ujarnya.
Ia menjelaskan untuk pelaksanaan turnamen tahunan itu memang tetap mempertandingkan lima kategori. Namun dari lima kategori itu umumnya mempertandingkan kelompok usia masing-masing usia dini (di bawah 11 tahun), anak-anak (di bawah 13 tahun), pemula (di bawah 15 tahun), remaja yang berlaku untuk atlet di bawah 17 tahun.

    Adapun satu kategori yang bukan untuk atlet muda, yakni veteran yang bisa diikuti pebulu tangkis senior minimal usia 40 tahun.
“Jumlah peserta turnamen ini di 2017 lalu memang lebih didominasi atlet usia muda. Adapun untuk taruna memang tidak begitu banyak sehingga kita putuskan untuk tahun ini lebih mengakomodir atlet kelompok usia muda,” katanya.
Pada pelaksanaan pertama, menurut dia, jumlah peserta begitu besar, yakni mencapai kurang lebih 430 peserta. Selanjutnya pada pelaksanaan kedua makin bertambah menjadi 700 peserta.
“Dan untuk pelaksanaan ketiga ini, kami berharap bisa mencapai 500 hingga 600 peserta. Untuk kategori kelompok umur juga lebih banyak dan tentu kita harapkan bisa lebih banyak yang berpartisipasi,” katanya.
Terkait dengan pelaksanaan Daihatsu Open 2018, Pengprov PBSI Sulsel berharap akan banyak memunculkan atlet-atlet yang nantinya bisa memberikan prestasi dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional.(anjas)

Leave a Reply