PDAM Kudus Bakal Miliki Dua Embung

     Kudus, jurnalsumatra.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal memiliki dua embung sebagai pendukung suplai air baku karena pada akhir 2018 pembangunannya segera dimulai, kata Direkrut PDAM Kudus Ahmadi Syafa.
“Untuk tahap awal, kami sudah menyusun Detail engineering Design (DED) atau bestek gambar kerja detail, sehingga tahun 2018 hanya memastikan desain embungnya sebelum dimulai pengerjaannya,” ujarnya di Kudus, Selasa.
Ia memperkirakan, proses pembangunannya bakal dimulai akhir 2018 atau awal 2019, sedangkan tahun 2018 selain memastikan desainnya juga pembebasan lahannya.
Untuk mempersiapkan lahannya, kata dia, sudah disiapkan anggaran Rp4 miliar.
Anggaran sebesar itu, lanjut dia, untuk pengadaan lahan di dua lokasi.
Dua lokasi pembangunannya, kata Ahmadi, belum bisa dipublikasikan, karena untuk antisipasi adanya permainan para tengkulak tanah dalam menjual tanahnya menjadi lebih mahal.
Lokasi pembangunan embung, kata dia, bisa menggunakan tanah milik desa atau beli tanah warga.

     Pemilihan lokasi embung, katanya, harus dipastikan memiliki pasokan air yang cukup saat musim hujan, karena nantinya akan dijadikan sumber air baku alternatif.
Agar embung tersebut tidak mudah kering saat musim kemarau, kata dia, dilapisi plastik khusus sehingga bisa menyimpan air dalam waktu relatif lama karena fungsinya sebagai sumber air baku saat musim hujan yang biasanya tersedia air dalam jumlah besar.
Ia mengatakan, anggaran pembangunan embung untuk mendukung suplai air baku tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat, karena untuk membiayai pembangunan embung dengan modal sendiri tentu tidak mencukupi.
Selain dibantu anggaran dari pusat untuk pembangunannya, kata dia, pembangunan pipa transmisinya juga demikian akan mendapatkan bantuan dari pusat.
Adapun luas lahan yang dibutuhkan untuk membuat embung berkisar 1-2 hektare.
Sementara anggaran pembangunan setiap embung bakal menelan biaya hingga Rp30-an miliar.
Estimasi air yang bisa ditampung nantinya berkisar 850.000 meter kubik.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + seven =