PDAM Lakukan Perbaikan Sistem Distribusi Air Bersih

   Baturaja, jurnalsumatra.com – PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan perbaikan sistem distribusi air bersih pelanggan dengan menguras bak reservoir dan membersihkan lumpur di instalasi pengolahan air (IPA).
“Perlu dilakukan pembersihan pada bak reservoir dan IPA karena sudah enam bulan tidak dibersihkan,” kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno didampingi Kabag Tehnik, Asril di Baturaja, Rabu.
Dia mengatakan, sejak dua hari terakhir pihaknya melakukan pembersihan bak reservoir dan endapan lumpur pada IPA agar distribusi air bersih yang mengalir ke saluran pelanggan lebih maksimal.
“Pengurasan bak ini dilakukan karena endapan lumpur yang tersedot bersama air baku dari Sungai Ogan mengendap di instalasi pengolahan sehingga kualitas air tidak jernih,” tegasnya.

      Dia menjelaskan, pengurasan dan pembersihan lumpur sangat perlu dilakukan karena jika dibiarkan akan berdampak pada kualitas air yang diterima pelanggan menjadi tidak jernih.
“Sistem distribusi bisa terganggu dan berdampak pada air yang diterima pelanggan tidak jernih lagi,” ungkapnya.
Selama proses perbaikan jaringan tersebut, kata dia, sejumlah titik distribusi air bersih di Kecamatan Baturaja Timur bakal terganggu khususnya di wilayah unit pengolahan (UP) air bersih Tanjung Baru.
Sebanyak 13 titik distribusi air bersih akan terganggu sama tiga hari kedepan selama proses pembersihan bak reservoir dan IPA dilakukan oleh petugas PDAM OKU di lapangan.
“Untuk itu kami meminta maaf kepada pelanggan atas gangguan tersebut,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − ten =