PDGI OKI Adakan Pengobatan Gigi Gratis

Kayuagung. jurnalsumatra.com – Dengan bertema “Senyum Cerah untuk anak berkebutuhan khusus tanpa membedakan kekurangan fisik dan mental, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar sikat gigi masal, sosialisasi penyuluhan gigi dan mulut dengan mengdakan bhakti sosial pengobatan gigi gratis.
Kegiatan pembukaan peringatan bulan kesehatan gigi nasional Kabupaten OKI tersebut dilaksanakan di halaman Sekolah luar Biasa (SLB) Kotaraya Kecamatan Kayuagung, Senin (30/10/2017).
Kepala sekolah SLB Muh Abd Tauhid SPd, MPd, dalam kesempatan tersebut mengatakan, mengucapkan terimakasih karena dijadikannya SLB sebagai tuan rumah, ini tentu menjadi nilai tambahan bagi anak didik kami, sehingga tanpa perbedaan.
Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar SE, diwakili, Asisten II pemkab OKI Zulkarnain, mengatakan seperti diketahui bersama, penyakit gigi dan mulut, terutama gigi sensitif dan karies gigi hingga saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama dikalangan masyarakat Indonesia.
“Menurut data dari riset kesehatan dasar (riskesdes) pada tahun 2013, karies atau lubang gigi menempati posisi keen sebagai penyakit paling dikhawatirkan di Indonesia,” jelas Zulkarnain.
Ditambahkannya, lebih jauh lagi, kementrian kesehatan Indonesia mengumumkan bahwa 89persen anak anak dengan usia dibawah 12 tahun di Indonesia mengalami karies gigi.
Untuk itu, pemerintah telah mencanangkan Indonesia bebas karies 2030, adapun program tersebut akan dicapai melalui pentahapan setiap 5 tahun yang diharapkan menjadi satu rangkaian yang berkesinambungan melalui penguatan UKGS, UKGM dan peningkatan kemandirian masyarakat.
Masih dikatakannya, upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut ini seharusnya merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan secara terpadu, terintegrasi dan berkesinambungan yang melibatkan seluruh stage holder.
Hal ini tentunya sejalan dengan program dan visi misi pemerintah OKI menuju OKI mandira.
Dengan memperhatikan segala lini kehidupan memperkuat masyarakat dan menyebutkan generasi penerus bangsa.
Ketua PDGI OKI, drg Putri Hestiningtyas, menjelaskan, dengan dipilihnya SD SLB sebagai tempat acara, yakni bertujuan untuk penyetaraan sehingga tidak ada perbedaan dari sekolah lainnya.
“Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka bulan bulan kesehatan gigi dan sekaligua meliputi penyuluhan kesehatan gigi, pelayanan kesehatan gigi, fit and fissure sealant dan sikat gigi massal,” jelas Putri.
Hadir dalam acara tersebut sebagai pembina Kepala Dinas Kesehatan OKI, H. M Lubis, S.KM, M.Kes. (ata)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − two =