PDIP: Banyak Kader Siap Pimpin Ntt

     Kupang, jurnalsumatra.com – Sekretaris DPD PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur (NTT), Nelson Matara mengatakan, banyak kader partai yang siap memimpin provinsi berbasis kepulauan itu.
Hanya saja, partai mempunyai mekanisme tersendiri untuk menentukan kader terbaik untuk disodorkan kepada rakyat dalam pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur NTT tahun 2018 mendatang, kata Nelson Matara kepada Antara di Kupang, Kamis.
Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan penilaian sejumlah pengamat politik yang menyebutkan partai-partai, terutama partai besar seperti PDI Perjuangan dan Partai Golkar sedang mengalami krisis kader untuk diusung dalam Pilgub 2018.
Sejumlah pengamat politik mengatakan bahwa partai besar minim kader, sehingga gagal memunculkan kader saat pencalonan Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023.
Menurut dia, pilkada merupakan momentum strategis mengejawantahkan program nasional semesta berencana yang juga diimplementasikan di daerah.
Karenanya, disamping sebagai wadah semangat demokrasi mewujudkan kedaulatan rakyat, pilkada juga sebagai jalan idiologis kerakyatan guna menjamin terpenuhinya harapan rakyat dalam pembangunan bukan hanya mengejar target elektoral semata, katanya.
Artinya ada banyak kader, tetapi partai memiliki pertimbangan-pertimbangan sebelum memutuskan salah satu diantara kader yang dinilai bisa memenuhi harapan rakyat, kata Wakil Ketua DPRD NTT ini.
Secara terpisah, sekretaris DPD Partai Demokrat NTT, Ferdinandus Leu mengatakan, Demokrat memiliki sejumlah kader yang sudah matang dan siap mengabdikan diri untuk rakyat NTT.
“Tapi ada proses politik di internal yang harus dilewati, apalagi Demokrat sendiri tidak bisa mengusung calon sendiri. Jadi bukan tidak ada kader yang siap,” katanya.
Dia berharap, dalam bulan Desember ini, Demokrat sudah bisa mengumumkan paket calon yang akan diusung di Pilgub 2018.(anjas)

Leave a Reply