Pegawai Pemda Lahat Kelebihan Kapasitas

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah mencapai 9000 orang lebih. Sehingga, menjadi faktur utama alasan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat tidak mengajukan kuota untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 ini.

Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau agar tidak terpengaruh adanya isu yang mengatakan Lahat akan melakukan perekrutan atau lowongan pembukaan CPNS. Hal tersebut disampaikan, tujuannya untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

“Berdasarkan data yang ada di BKSDM. Pemda tidak melakukan perekrutan CPNS untuk tahun ini, dikarenakan jumlah pegawai yang ada sudah melebihi target. Mengakibatkan, dana APBD II Lahat sebagian besar terserap oleh gaji para PNS yang ada,” ungkap Kepala Dinas Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM) kabupaten Lahat, Drs.H. Rachmad Surya Effendi MM, Sabtu (15/9/2018).

Ia menjelaskan, meski secara nasional ada pembukaan CPNS tapi tidak untuk Kabupaten Lahat. Hal ini dikarenakan jika jumlah PNS akan ditambah maka akan membebani APBD mengingat pegawai yang ada jumlahnya sudah cukup banyak.

“Terus terang, dari data yang ada jumlah PNS saat ini sebanyak 9000 orang lebih yang tersebar diseluruh instansi yang ada. Pemkab Lahat sama sekali tidak mengajukan formasi CPNS. Untuk itu bagi warga di Kabupaten Lahat yang ikut tes CPNS tahun ini, silakan ikut ke daerah lain yang membuka lowongan penerimaan CPNS,” tambahnya.

Menurutnya, untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah percaya jika ada kabar yang mengatakan diLahat akan ada perekrutan CPNS, hal ini untuk menghindari hal tidak diinginkan yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. “Tujuan kita himbau ini, agar kedepan kita tidak ingin ada oknum warga yang tertipu, karena perekrutan CPNS tahun ini,” ujarnya lugas.

Terpisah, Rizky (29) warga Lahat, kecewa dengan Pemkab Lahat, yang sama sekali tidak menyediakan Formasi CPNS. Menurutnya, mungkin ada puluhan ribu warga Lahat, yang akan ikut tes CPNS 2018 dan kemungkinan besar harapanya sama akan mengambil formasi yang disediakan Pemkab Lahat.

“Jelas kecewalah. Mengapa, padahal ditahun ini kita mengharap bisa ambil formasi di daerah sendiri. Ya kalau memang tidak ada terpaksa ke daerah atau kabupaten lain dan semoga saja banyak warga Lahat diterima di daerah lain sehingga tidak memberatkan Kabupaten Lahat,” pungkas Rizky.

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Honor Daerah (Honda) Kabupaten Lahat, Dody. Menurutnya, tak sedikit warga Lahat yang sudah mengabdikan diri untuk Pemkab Lahat, seperti menjadi tenaga honorer baik di sekolah, dinas maupun instansi terkait lainya. Artinya, tambah Dody jangankan untuk memperjuangkan Honda maupun honorer katagori 2 diangkat PNS membuka kesempatan secara umunpun tidak.

“Kasihanilah seperti yang sudah honor 10 tahun. Meski belum tentu lulus setidaknya ada kesempatan. Batasan usia untuk ikut PNS dibatasi 35 tahun. Semestinya tetap diakomodir walau jumlahnya kecil,” harap Dody. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =