Pekebun Kelapa Asal Padang Lawas Berangkat Ke Mekkah

Medan, jurnalsumatra.com – Seorang petani atau pekebun kelapa asal Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara bernama Tongku Hamzah Bin Mahmud (72) berhasil berangkat ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji yang selama ini didambakannya.

  “Saya hampir delapan tahun lamanya dengan sabar menunggu agar bisa pergi ke Tanah Suci., Alhamdulilah pada tahun 2019 ini dapat terkabul,” kata Hamzah, di Asrama Haji Medan, Rabu malam.

  Tongku Hamzah Bin Mahmud (72) tergabung dalam Kelompok Terbang 06 Embarkasi Medan yang terbang menuju Tanah Suci pada Rabu malam sekitar pukul 22.30 WIB.

  Dalam menunaikan ibadah haji itu, menurut dia, harus diperlukan niat yang benar-benar tulus, ikhlas, jujur, dan penuh dengan kesabaran.

  “Sebab, tanpa adanya kesabaran tersebut, apa yang kita cita-citakan belum tentu bisa tercapai,” ujar Hamzah.

  Ia menyebutkan, dirinya merasa bangga bisa pergi ikut haji, dan dalam keadaan ekonomi menengah ke bawah, serta hanya sebagai pekebun kelapa.

  Namun, berkat tekad yang kuat agar bisa menginjakkan kaki ke Mekkah, akhirnya dapat terkabul.

  “Ini seluruhnya adalah kehendak Allah Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada ummatnya, dan semoga bisa tercapai haji yang mabrur,” katanya.

  Sebanyak 392  calon haji  asal Kabupaten Padang Lawas yang tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 06 Embarkasi Medan, Rabu (17/7) sekira pukul 22.30 WIB berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

  Dari jumlah 392 calhaj tersebut, yakni 157 pria dan 235 wanita.

  Pimpinan Kloter Isnan Rosidi Hasibuan Bin Ilyas Hasibuan.

  Jamaah haji termuda atas nama Abdul Rakul (33) Alamat Lingkungan II Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.

  Sedangkan, jemaah haji tertua atas nama Masdulan Harahap (80) Alamat Lingkungan IV Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Saumatera Utara.

  Warga Sumatera Utara yang berangkat ke Tanah Suci pada 2019 ini tercatat 8.641 orang.(anjas)