Pelajar Surabaya manfaatkan wifi kecamatan untuk belajar daring

Surabaya, jurnalsumatra.com – Puluhan pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah pertama memanfaatkan wifi gratis untuk belajar daring di Pendopo Kantor Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

  Salah satu pelajar yang memanfaatkan fasilitas internet di Pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya adalah Ferlita. Pelajar kelas VI SDN Ploso 1 Surabaya itu mengaku senang sebab selain didampingi kakak-kakak Karang Taruna, akses internet juga tersedia.

  “Baru pertama hari ini belajar daring di pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya. Di sini senang ada temannya,” kata Ferlita.

  Meski begitu, Ferlita berharap pandemi COVID-19 ini bisa segera berakhir supaya aktivitas kehidupan, terutama belajar mengajar di sekolah, dapat kembali berjalan normal seperti sediakala.

  “Inginnya bisa belajar di sekolah sama teman-teman, bisa belajar tatap muka langsung dengan ibu guru,” katanya.

  Pelajar lain yang memanfaatkan fasilitas wifi tersebut adalah Narendra Rama Pramuditha. Siswa kelas VI SDN Tambaksari 1 Surabaya ini mengaku lebih nyaman belajar di pendopo Kecamatan Tambaksari Surabaya. Sebab, ketika di rumah dia mengaku kesulitan dengan akses jaringan internet.

  “Karena kalau di sini (pendopo) sinyalnya bagus. Kalau di rumah, sinyalnya jelek, terus tidak punya paketan. Di sini lebih enak, nyaman,” katanya.

  Sementara itu, Camat Tambaksari Surabaya Ridwan Mubarun mengatakan pbahwa endopo ini memang sengaja untuk para pelajar yang mengalami kendala, terutama akses internet saat mengikuti pembelajaran dari rumah.

  Menurut dia, pemanfaatan pendopo untuk akses belajar ini dengan menggandeng Karang Taruna Kecamatan.

  “Jadi, anak-anak muda ini (Karang Taruna) mendata warga tidak mampu itu dan akhirnya dibukalah kelas di pendopo ini. Kalau di pendopo ini, ‘kan internetnya pasti ada,” kata Ridwan.

  Selain itu, lanjut Ridwan, pihaknya juga menyediakan fasilitas antar jemput dari rumah bagi pelajar tersebut. Hal ini untuk memastikan anak-anak itu datang ke lokasi dan pulang ke rumah dengan selamat.

  “Mereka belajar didampingi kakak-kakak mereka dari Karang Taruna. Setelah belajar, kami antar pulang lagi ke rumah mereka,” katanya.

  Menurut dia, kegiatan seperti ini sangat membantu para orang tua, terutama bagi mereka yang kesulitan menyiapkan akses internet untuk anaknya saat mengikuti belajar daring dari rumah.

  Oleh karena itu, dia berharap tidak ada lagi orang tua siswa di wilayahnya yang mengalami kendala akses internet untuk belajar.

  “Jadi, kalau ada warga yang kesulitan data internet, monggo silakan manfaatkan pendopo Kecamatan Tambaksari ini,” ujar Ridwan.(anjas)