Pematangsiantar Kenalkan Aplikasi “SIRUP” Pengadaan Barang/Jasa

    Pematangsiantar, Sumut, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara mengenalkan aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) barang dan jasa kepada aparatur sipil negara.
Kepala Bagian Administrasi Pembangunan dan Unit Layanan Pengadaan Sekretariat Daerah Pematangsiantar Corry A Purba di Pematangsiantar, Rabu, mengatakan pengenalan itu dilakukan dengan mengadakan bimbingan teknis.
Bimbingan teknis itu tentang pedoman pengaturan dan tata cara pengadaan barang dan jasa pemerintah yang sederhana, transparan berbasis dalam jaringan (online) atau web sehingga informasinya dapat diakses secar nasional.
Bimbingan teknis selama tiga hari yaitu 21-23 November 2017, diharapkan memberikan pemahaman kepada setiap pimpinan organisasi perangkat daerah selaku pengguna anggaran dalam penyampaian laporan bulanan tentang penyerapan anggaran masing-masing.

    “Nantinya pelaporan itu dapat dimonitor oleh pemerintah daerah maupun pusat,” kata Corry.
Materi bimbingan teknis disampaikan tim dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta dan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) Provinsi Sumatera Utara.
Perpres Nomor 5 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa menyebutkan pengguna anggaran memiliki tugas dan kewenangan menetapkan rencana pengadaan barang dan jasa dilakukan dengan aplikasi SIRUP dan mengumumkan secara luas di website pemerintah daerah dan portal pengadaan nasional LPSE.
Jika paket-paket pekerjaan tidak diumumkan melalui aplikasi SIRUP, maka proses tender tidak dapat dilakukan secara elektronik (e-tendering).(anjas)

Leave a Reply