Pembangunan Jalan Tol Berdampak Positif Bagi Deliserdang

Lubukpakam, Sumut, jurnalsumatra.com – Pembangunan jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi dinilai sangat positif dalam menggerakkan roda perekonomian antardaerah terutama bagi Kabupaten Deliserdang yang memiliki dua akses pintu keluar-masuk tol tersebut.
Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars, di Lubukpakam, Senin, mengatakan kehadiran jalan tol tersebut akan membuat lalu lintas barang dan jasa menjadi lebih efisien, seperti pengangkutan hasil perkebunan dari sentra produksi akan lebih cepat.
Dengan kata lain, katanya lagi, harga barang dan jasa relatif akan lebih murah dibandingkan jika arus barang dan jasa melewati jalan umum.
“Masih ada banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dengan beroperasi jalan tol tersebut. Meski sekarang belum terlalu dirasakan, namun perlahan secara pasti itu akan terwujud,” katanya pula.

Ia juga mengatakan, selaku pemerintah daerah, pihaknya memberikan apresiasi kepada pusat yang telah melakukan beberapa proyek strategis di daerah itu, seperti halnya pembangunan Bandara Kualanamu saat ini telah beroperasi dan jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi.
Kabupaten Deliserdang memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan ekonomi terutama pada bidang industri, pertanian, perkebunan dan berbagai jenis usaha lainnya.
Potensi besar tersebut karena letak geografis Deliserdang yang menguntungkan, selain wilayahnya yang mengelilingi Kota Medan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Kota Binjai, dan kabupaten besar lainnya, memiliki luas wilayah 2.497.72 km persegi meliputi dataran tinggi, dataran rendah dan daerah pantai.
Deliserdang juga didukung sarana transportasi yang bertarap internasional seperti Bandara Kualanamu dan Pelabuhan Belawan, sehingga menjadi pintu gerbang Indonesia bagian barat.
“Berbagai potensi tersebut tentunya akan menjadi daya tarik dan mengundang minat berinvestasi di Deliserdang,” katanya pula.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − one =