Pembukaan Musyawarah Cabang DPC Ikadin Kota Palembang

Palembang , jurnalsumatra.com – Pembukaan Musyawarah Cabang DPC Ikadin Kota Palembang digelar di Hotel Emia,  Sabtu (17/11/2018). Di acara tersebut digelar sosialisasi sisitem e court dan dilanjutkan pemilihan Ketua Ikadin yang baru 2018-2021.

Ketua Ikadin DPC Kota Palembang 2018-2023 adalah Hendra Jaya SH mengatakan, setelah dirinya terpilih menjadi Ketua Ikadin Kota Palembang,  program prioritasnya sama seperti organisasi advokat lain yakni memberikan bantuan hukum gratis bagi masyarakat kurang mampu.

“Ikadin Kota Palembang sudah ada lembaga berbadan hukum Rimau yang sudah berlisensi dan terdaftar di Menkumham.  Kami siap membantu masyarakat yang tidak mampu yang tersandung kasus-kasus prodeo,” ujarnya.

Hendra mengungkapkan,  untuk mendapatkan bantuan hukum gratis tidak sulit,  cukup membawa surat keterangan tidak mampu dsri RT dan Lurah. Kemudian diantarkan ke kantor Ikadin Kota Palembang di Jalan Rivai. “Yang mendapatkan bantuan hukum gratis ini,  benar-benar gratis. Tidak ada biaya apapun, ” ucapnya.

Dia menuturkan,  dalam kurun waktu 2 tahun,  ada sekitar 42 kasus yang ditangani Ikadin di lembaga hukum Rimau dengan gratis.

Ketika ditanya program Ikadin Kota Palembang kedepan,  Hendra menuturkan,  pihaknya mendukung program Pemerintah m,  Pengadilan dan MA yang menerapkan sistem aplikasi e court. Dimana semua menggunakan teknologi seperti di Singapura dan Australia.

“Kita juga ingin membentuk badan yang berkaitan dengan masalah internasional, kukiah gratis,  seminar internasional.  Untuk mewujudkannya,  pihaknya akan bekerjasama dengan universitas dan sekolah Menengah Atas yang bwrkaitan tentang hukum,” bebernya.

Untuk jumlah anggota Ikadin Kota Palembang,  lanjut Hendra,  berjumlah 114 orang.  Sedangkan jumlah pengurus sekitar 200 orang.

Sementara itu,  Ketua Panitia Suspendi menambahkan,  Pak Hendra Jaya terpilih menjadi Ketua Ikadin secara aklamasi.  “Pengurus Ikadin saat ini akan berakhir pada 30 November.  Oleh sebab itu,  hari ini digelar pemilihan Ketua Ikadin yang baru masa jabatan 2018-2023. Kami berharap,  kedepan Ikadin Kota Palembang lebih baik lagi, ” pungkasnya.  (Yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 3 =