Pemda Rapat Penanggulangan Penyebaran Virus Corona

Tanahdatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Dalam rangka menghadapi penyebaran Virus Disease (Covid-19), Perlu persiapan rencana strategi percepatan penanganan penyebaran Covid-19. Pemerintahan Daerah melalui Gugus Tugas mengundang pelaku usaha untuk dapat bersama-sama menaggulangi penyebaran virus corona (covid-19).

Rapat dihadiri oleh, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Asisten I Suharnen, Kabag Hukum Jasrinaldi, Kadis Kominfo Abrar, Kadis BPBD Tamrin.ST, Kapolres Tanah Datar diwakili oleh Kasubag Dal Ops Iptu Suhatril.CH, Kadis Kesehatan dr.Yesrita

Tamrin.ST memaparkan bagaimana cara pencegahan virus corona (covid-19) secara manual atau secara alami dengan bahan yang mudah didapat di pasar. Yaitu denhan cairan wiool yang dicampur dengan air tetapi kuta tidak bisa menjamin virus tersebut mati seratus parsen. Kata Tamrin.


Kadis Kesehatan dr.Yesrita menyampaikan secara teknis apa itu ODP dan PDP. ODP adalah Orang Dalam Pemantauan sedangkan ODP adalah Pasien Dalam Pengawasan. Intinya adalah siapapun yang datang dari luar daerah tetap di periksa kesehatannya. Dan pendatang dari luar dserah seperti perantau dan mahasiswa yang belajar diluar Tanah Datar.

Dr.Yesrita menyampaikan bahwa Rumah Sakit rujukan kita adalah RS Ahmad Muktar Bukittinggi. Tetapi di RS Ali Hanafiah juga sudah ada ruang isolasi untuk penanggulanagn penderita terkena dampak corona. Yesrita juga menghimbau kepada pelaku usaha wasta seperti Bank dan perusahaan swasta supaya mengingatkan kepada tetangga dan keluarga kita .

Wabup Zuldafri Darma menyampaikan, mari kita bersama-sama untuk dapat bekerjasama penanggulangan menyebarnya virus yang mematikan ini. Kami dari pemerintahan Daerah berterimaksih kepada yang hadir yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada hari ini. 

Kami dari pemerintahan daerah mengajak untuk bersama-sama untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini. Kita harus menyampaikan kepada masyarakat apa itu yang namanya ODP dan PDP dengan bahasa daerah kita supaya masyarakat kita cepat pahamnya. Kita harus mematuhi himbauan dari pemerintah untuk tidak mengsdakan keramaian terlebih dahulu.

Keterpurukan dibidang ekonomi seluruh nusantara bukan saja didaerah kita. Kita harus menyampaikqn kepada masyarakat kita dan ini adalah tanggung jawabbkita bersama. Maka dari itu daru seluruh elemen kita menghimbau supaya dapat melakukan penanggulangan penyebaran virus ini. Ucap Wabup.

Wabup juga menghimbau kepada pelaku usaha untuk dapat menanggulangi penyebaran virus corona secara manual dan cara mudah dengan cairan wipol campur air. Karna keterbatasan tenaga dan petugas disemua lini.(Myt)