Pemeriksaan JJO Dilanjutkan Jumat

Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Kehutanan Papua JJO, tersangka kasus pemerasan di sektor kehutanan, Kamis (10/1) berlangsung sekitar tujuh jam dengan dicecar 52 pertanyaan.
Direskrimsus Polda Papua Kombes Edi Swasono, di Jayapura, Kamis (10/1) malam, mengatakan pemeriksaan terhadap JJO akan dilanjutkan Jumat ini.
Pemeriksaan akan dilanjutkan Jumat, karena masih ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab tersangka, kata Swasono seraya menambahkan, penetapan JJO  sebagai tersangka dilakukan setelah penyidik memiliki barang bukti.

“Bukti-bukti sudah cukup untuk menetapkan JJO sebagai tersangka, sehingga penyidik melayangkan pemanggilan pertama Senin (7/1) namun yang bersangkutan tidak hadir. Namun panggilan kedua, Kamis (10/1) hadir sehingga penyidik melakukan pemeriksaan,” kata Swasono.
Dia mengatakan, terungkap kasus yang melibatkan Kepala Dinas Kehutanan berawal dari tertangkap FT, November 2018 lalu melalui operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli.
Saat penangkapan FT, tim berhasil mengamankan barang bukti berupa uang Rp500 juta, kata Swasono.
Menurutnya, FT mengaku orang suruhan Kepala Dinas Kehutanan, dan menyatakan siap membantu menyelesaikan kasus dugaan pembalakan liar dengan meminta Rp5 miliar, namun yang disepakati Rp2,5 miliar.
Kasus pembalakan liar itu ditangani PPNS Dinas Kehutanan Papua, kata Kombes Swasono. (anjas)

Leave a Reply