Pemerintah Aceh Ajak Pelaku Pariwisata Promosikan Pulau Banyak

Banda Aceh , jurnalsumatra.com – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata mengajak para pelaku pariwisata mempromosikan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, karena daerah kepulauan itu memiliki laut dan pantai yang indah.

  Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh Jamaluddin di Banda Aceh, Jumat, mengatakan, Pulau Banyak kini sudah menjadi destinasi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

  “Sekarang ini, banyak tumbuh usaha pariwisata di Pulau Banyak, seperti penginapan, restoran, jasa pemandu, serta meningkatnya layanan transportasi ke Pulau Banyak,” kata Jamaluddin.

  Keindahan alam di Pulau Banyak menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke tempat itu. Di antara pulau di Pulau Banyak yang ramai dikunjungi seperti Pulau Palambak, Pulau Rangit, dan lainnya.

  Menurut dia, walau kunjungan wisatawan ke Pulau Banyak semakin meningkat, namun belum optimal dibandingkan destinasi lainnya di Pulau Sumatra, seperti Danau Toba, Batam, Padang, serta daerah lainnya.

  Kondisi ini terjadi karena kurangnya promosi yang dilakukan pelaku pariwisata di Aceh seperti biro perjalanan dalam menjual paket tur ke pulau di Samudera Hindia tersebut, kata Jamaluddin mengungkapkan.

  “Untuk meningkatkan promosi, kami menggelar perjalanan pengenalan atau famtrip dengan mengajak puluhan pelaku pariwisata aktif di Aceh ke Pulau Banyak,” sebut Jamaluddin.

  Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan daya tarik Pulau Banyak secara langsung kepada pelaku pariwisata, sehingga mereka nantinya mempromosikan serta menjual paket wisata ke pulau tersebut.

  “Kegiatan ini juga bagian promosi festival internasional Pulau Banyak yang dilaksanakan pada 24 hingga 27 Juli mendatang. Kami optomis dengan kegiatan ini Pulau Banyak menjadi destinasi andalan di Provinsi Aceh,” demikian Jamaluddin. (anjas)