Pemerintah Salurkan Bantuan Korban Gempa Di Sigi

    Sigi, Sulteng, jurnalsumatra.com – Pemerintah telah menyalurkan bantuan logistik khususnya beras bagi para korban gempabumi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.
Kadis Sosial Kabupaten Sigi, Sitti Ulfah di Sigi, Sabtu membenarkan beberapa waktu lalu sudah disalurkan bantuan berupa bahan pokok (beras) kepada warga yang mengalami dampak dari gempa yang terjadi di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, pekan lalu.
Berdasarkan data, terdapat sebanyak 99 rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat guncangan gempa berkekuatan 5,1 Skala Ricther (SR) yang terjadi di wilayah itu.
Kebanyakan rumah yang rusak akibat guncangan gempa merupakan bangunan yang berdinding batako.
Tidak ada korban jiwa, kecuali kerugian material akibat bangunan rusak menyusul gempa tektonik yang juga  dirasakan getarannya oleh masyarakat di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.
Kepala Stasiun Geosfisika Badan Meterologi, Klimatologi dan Geosifika (BKMG) Kota Palu, Petrus Demon Silli sebelumya mengatakan setiap bulannya, terjadi sekitar 150 gempa di wilayah Sulteng.
Sejumlah wilayah di Sulteng, termasuk Poso, Parigi Moutong, Donggala, Sigi dan Kota Palu termasuk rawan gempabumi karena terletak pada jalur gempa Palukoro.
Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gampa yang mengguncang Pakuli beberapa waktu lalu itu,merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar yang diduga merupakan sesar Palukoro.
Gempa dipicu penyesaran dengan mekanisme obligue normal yaitu penyesaran dengan kombinasi pergerakan mendatar dan turun.(anjas)

Leave a Reply