Pemerintah Siapkan Dana Bangun Pasar Induk Jodoh

     Batam, jurnalsumatra.com – Pemerintah pusat menyiapkan dana Rp7 miliar untuk pembangunan kembali Pasar Induk Jodoh di Kota Batam, Kepulauan Riau, kata Wali Kota Muhammad Rudi, di Batam, Jumat.
Ia menyatakan anggaran itu baru bisa digunakan setelah dokumen serah terima Pasar Induk Jodoh sudah diterbitkan Kementerian Keuangan. Saat ini, Pasar Induk Jodoh masih menjadi aset Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Batam, dan segera diserahterimakan kepada Pemkot Batam.
“Untuk pembangunan pasar, sudah ada anggaran untuk itu, kita dapat Rp7 miliar,” kata dia.
Pemerintah menjanjikan untuk menambah anggaran pembangunan Pasar Induk Jodoh, pada tahun-tahun berikutnya, setelah pembangunan dimulai.
Meski pembangunannya masih harus menunggu legalitas lahan, namun Pemkot Batam sudah mulai merancangnya.
Wali Kota menginginkan, pada lahan seluas 1,5 hektare itu nantinya bisa menampung 2.100 kios pedagang, dengan lahan parkir memadai dan lengkap dengan sistem pembuangan limbah yang baik.

     “Sehingga dengan tanah 1,5 hektare sudah ada parkir, sirkulasi pembuangan limbah,” kata dia.
Pemerintah mendata sekitar 1.800 pedagang yang akan dialokasikan ke Pasar Induk Jodoh. Namun Rudi yakin akan ada tambahan pedagang yang ingin beraktivitas di sana, sehingga menambah jumlah kios yang akan dibangun.
Rudi berkomitmen untuk menekan harga sewa kios di Pasar Induk Jodoh agar tidak memberatkan pedagang.
“‘Cost’ untuk opersional sekecil mungkin, agar beban pedagang kecil. Karena kalau biaya operasional besar, beban pedagang besar, dan pedagang akhirnya membebankan ke pembeli,” kata Wali Kota itu pula. Akibatnya, lanjut dia, harga barang yang diperjualbelikan pun menjadi semakin tinggi.
Batam membutuhkan pasar induk, agar lebih mudah mengendalikan harga, sesuai dengan rekomendasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah.
“Pasar induk bisa membuat efek baru bagi masyarakat dan pengusaha. Kalau pemerintah yang mengelola maka bisa dikendalikan,” kata dia lagi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 19 =