Pemerintah Telah Lakukan Tanggap Bencana Dengan Sigap

Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah telah melakukan langkah tanggap bencana dalam rangka menangani musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah dengan sigap dan diharapkan dapat terus diperkuat koordinasinya.
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam rilis, Selasa, meyakinkan masyarakat bahwa penanganan musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi, Donggala, serta daerah terdampak lainnya di Sulawesi Tengah sudah ditangani pemerintah secara cepat.
Selain itu, ujar dia, DPR RI terus mendorong kementerian dan lembaga menerjunkan kekuataannya untuk membantu para korban yang terkena musibah.
Dari koordinasi yang sudah dilakukan, Ketua DPR RI menerangkan bahwa distribusi bantuan memang menghadapi berbagai tantangan, seperti medan wilayah sangat berat untuk ditembus dan dilalui.

Ia menuturkan bahwa pemerintah juga sudah membuka akses untuk menerima bantuan internasional.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menyatakan bahwa pemerintah harus memastikan bahwa semua kebutuhan dasar pengungsi terpenuhi.
“Pemerintah harus memastikan bahwa distribusi bantuan benar-benar bisa disalurkan secara adil dan merata,” ucapnya.
Ia memaparkan bahwa kebutuhan yang harus dipenuhi yang harus dipastikan antara lain makanan hingga layanan medis.
Sedangkan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menyarankan agar penyaluran bantuan dilakukan dengan penataan yang lebih baik seperti dengan membuat antrean yang rapi atau bantuan yang ada dipastikan dikawal oleh petugas.(anjas)

Leave a Reply