Pemerintah Tetapkan Lahan Dicetak Jadi Sawah

   Mukomuko, jurnalsumatra.com – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan pemerintah pusat telah menetapkan lokasi lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektare yang dicetak menjadi sawah baru tahun ini, yakni berada dekat dengan irigasi teknis di daerah itu.
“Kita prioritaskan lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru di lokasi yang mudah dapat air dari irigasi salah satunya di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Kabupaten Mukomuko Ali Mukhibin di Mukomuko, Senin.
Pemerintah daerah setempat tahun ini mendapat jatah luas lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat yang dicetak menjadi sawah baru seluas 400 hektare dari pemerintah pusat.
Ia menyatakan, Pihak TNI AD yang akan mengerjakan program untuk mengalihfungsikan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400 hektare milik petani di daerah itu menjadi sawah baru.

    Ia menyebutkan, seluas 400 hektare lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru itu tersebar di sejumlah wilayah yang berada dalam kawasan irigasi teknis di daerah itu.
“Lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru itu berada dekat irigasi teknis,” ujarnya lagi.
Ia mengatakan, pihak konsultan dari perguruan tinggi negeri telah membuat Survei Investigasi Desain (SID) lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru di daerah itu.
Selanjutnya, ia mengatakan, tim dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat akan turun ke lokasi untuk melakukan pemetaan lokasi lahan perkebunan kelapa sawit yang dicetak menjadi sawah baru di daerah ini.(anjas)

Leave a Reply