Pemkab Bangka Raih Penghargaan Kota Sangat Inovasi

Sungailiat,Bangka, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan Kota Sangat Inovasi dari Kementerian Dalam Negeri karena memenuhi aspek kuantitas, kualitas, dan manfaat dalam penilaian pembangunan inovasi daerah.

  Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Kamis, mengatakan keberhasilan meraih penghargaan Kota Sangat Inovasi itu, berdasarkan hasil pengukuran Indeks Inovasi Daerah 2019 yang telah melaporkan inovasi daerahnya kepada Pusat Litbang Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri.

  “Keberhasilan yang diraih Kabupaten Bangka merupakan salah satu kabupaten atau kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

  Predikat Kota Sangat Inovasi dituangkan dalam Surat Keputusan Mendagri RI Nomor 002.6- 415 Tahun 2019 tentang Penyusunan Hasil Pengukuran Indeks Inovasi Daerah pada pusat penelitian dan pengembangan inovasi daerah Balitbang pada 2019.

  “Aspek yang diukur dalam penilaian kompetisi ini mulai dari asek kuantitas, aspek kualitas, serta aspek manfaat,” kata dia.

  Bupati Mulkan mengatakan keberhasilan Kabupaten Bangka dengan predikat tersebut masuk dalam urutan ke-27 dari 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

  Ia optimistis ke depannya inovasi daerah akan terus dikembangkan melalui organisasi perangkat daerah guna meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

  “Pelayanan masyarakat menjadi prioritas penting yang terus dimaksimalkan oleh pemerintah daerah,” ujar dia.

  Ia menjelaskan Bappeda Kabupaten Bangka melalui bidang penelitian dan pengembangan telah merumuskan regulasi inovasi daerah dalam format peraturan bupati tentang “Satu OPD Satu Inovasi”.

  Guna meningkatkan peringkat indeks pada 2020, kata bupati, melalui Bappeda telah dilakukan sosialisasi “Innovative Government Award” (IGA) kepada seluruh OPD.

  “Kami juga telah membangun laboratorium inovasi dalam upaya pengembangan inovasi-inovasi yang telah dijalankan,” kata dia.(anjas)