Pemkab Bangka Selatan Optimalkan Perpusling Hingga Pelosok Desa

Toboali, Babel, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan program perpustakaan keliling hingga ke pelosok desa, untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

  “Saat ini kami punya satu mobil perpustakaan keliling (Perpusling) yang dioperasikan hingga ke pelosok desa yang ada di daerah itu,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Selatan, Narwanto di Toboali, Kamis.

  Ia mengatakan program perpustakaan keliling ini sudah lebih dari satu tahun dan dioperasikan setiap hari mengikuti jam kerja.

  “Mobil Perpusling ini kami fokuskan beroperasi di seluruh daerah Kabupaten Bangka Selatan dengan tujuan ke sekolah-sekolah,” katanya.

  Ia mengatakan dengan adanya mobil perpusling ini diharapkan mendorong minat baca masyarakat serta menggalakan budaya literasi hingga pelosok desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

  Tidak hanya itu, kata dia,  kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mengedukasikan serta menambah wawasan dan pengetahuan dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

  “Adapun pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat melalui perpusling ini termasuk kerja sama ke sekolah – sekolah maupun institusi pemustaka yang memerlukan pinjaman buku yang diperlukan,” katanya.(anjas)