Pemkab Banyuasin Raih Bhumandala Award

Jakarta, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Banyuasin kembali raih penghargaan bergengsi tingkat Nasional berupa  Bhumandala Ariti atas keberhasilan dalam mengembangkan geoportal dan simpul jaringan dengan kinerja terbaik.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan secara langsung dan diterima Bupati Banyuasin H Askolani, SH., MH di Ruang Birawa Hotel Bidakara Jl Gotot Subroto Kav 71-73 Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).

Penghargaan yang digagas Kementerian Koordinator Perekonomian RI ini juga dilakukan Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta, Peluncuran buku kemanjuan infrastruktur nasional dan Penganugerahan Bhumandala Award

Penghargaan ini diberikan melalui penilaian terhadap simpul jaringan Kementerian/lembaga Instansi dan Daerah yang telah menerapkan penyelenggaraan Jaringan Informasi Geospasial Nasional dalam tata kelola pemerintahannya, diharapkan mewujudkan tersedianya informasi geospasial yang mutakhir, handal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bupati Banyuasin H Askolani menjadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus berinovasi dalam membangun Banyuasin dan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas bersama terutama Jajaran Dinas Kominfo.

Bupati berharap pengelolaan satu peta satu data di Banyuasin harus dapat berjejaring mulai dari level desa, kecamatan, opd dan nasional, dan ini telah dimulai di banyuasin dg adany perbub satu peta satu data, web portal dan hampir rampung nya batas desa yang didukung dengan RTRW yang baik.

Pada penganugerahan itu Presiden RI Joko Widodo mengingatkan pengelolaan satu peta berbasis satu data sudah merupakan hal wajib ada di penyelenggaraan pembangunan, baik pembangunan dilevel nasional maupun daerah, dengan adanya pemanfaatan geoportal menjadi pembangunan lebih terarah, berkesinambungan dan tidak tumpang tindih.

“Sampai saat ini sudah ada beberapa Kementerian/lembaga/daerah/instansi yg telah memiliki geoportal dengan peraturan pendukung nya, dan pada hari ini akan diberikan penghargaan “bhumandala award” atas keberhasilan menerapkan implementasi ini,” kata Presiden.

Dari berbagai penghargaan yang telah diraih menunjukan Pemkab Banyuasin dibawa kepemimpinan Bupati H Askolani dan Wabup H Slamet kendati belum 100 hari menjabat terus berinovasi untuk mensejajarkan diri dengan Kabupaten lain. Dan yang membanggakan Banyuasin satu-satunya Kabupaten yang mendapat penghargaan bergensi tersebut. (Diskominfo/BIO)

Leave a Reply