Pemkab Barsel Perlu Sinergitas Kembangkan Kapasitas Desa

Buntok, Kalteng, jurnalsumatra.com -Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengajak semua pihak yang berkepentingan untuk bersinergitas dalam  mengembangkan kapasitas Desa.
“Pengembangan kapasitas desa tersebut sebagai bagian dari wujud kemajuan bersama,” kata Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Barito Selatan (Barsel) Akhmad Haitami di Buntok, Jumat.
Ia mengharapkan kepada camat agar melakukan pembinaan, dan pengawasan Program Inovasi tersebut di wilayahnya masing-masing.
“Kepada tim pengelola inovasi desa juga diharapkan mampu memfasilitasi tahapan pelaksanaan pengelolaan inovasi desa,” katanya.
Dia mengatakan beberapa permasalahan yang dihadapi desa selama ini seperti belum efektif, dan efisiennya penggunaan Dana Desa (DD), dan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam memilih, dan memilah kegiatan infrastruktur, serta pengembangan ekonomi Desa berupa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Karena tujuan program inovasi Desa untuk mendorong produktifitas, serta pertumbuhan ekonomi perdesaan, serta membangun kapasitas Desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemandirian, dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat pedesaan.
“Untuk meningkatkan kapasitas, dan pengembangan rencana pembangunan tersebut lanjut dia, perlu dilakukan dengan meningkatkan produktifitas masyarakat Desa, dan kemandirian ekonomi,” kata dia.
Selain itu, tambah dia, juga untuk  mempersiapkan sumber daya yang memiliki daya saing.
Dalam peningkatan kapasitas desa juga dapat dilaksanakan melalui kegiatan Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) dengan fokus pada bidang pengembangan ekonomi lokal, dan kewirausahaan, serta pengembangan sumber daya manusia, dan infrastruktur Desa.
“Untuk itu diperlukan sinergitas antara semua pemangku kepentingan untuk mengembangkan kapasitas desa, agar meningkatkan kemandirian, dan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat pedesaan,” ucapnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =