Pemkab Barut Siapkan Lahan Bangun Asrama Mahasiswa

Muara Teweh, jurnalsumatra.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara(Barut), Kalimantan Tengah, menyiapkan lahan untuk pembangunan asrama baru bagi mahasiswa asal daerah setempat di Palangka Raya.
“Lahan baru untuk pembangunan asrama mahasiwa  sudah dibeli  pemerintah daerah pada 2017,” kata Sekda Pemkab Barut, Jainal Abidin ,di Muara Teweh, Jumat.
Menurut dia, lahan tersebut letaknya tidak jauh dari Universitas Palangka Raya, sehingga kedepannya bisa membangun asrama baru bagi mahasiswa di tanah milik Pemkab Barut sendiri.
“Kita mengharapkan pembangunan asrama baru ini bisa dibangun secepatnya,” kata Sekda.
Dia mengatakan, Pemkab Barut untuk saat ini telah melakukan rehabilitasi asrama mahasiswa setempat di Palangka Raya yang terletak di Jalan Yos Sudarso.

Hanya saja, rehabilitasi itu tidak maksimal  karena status lahan merupakan milik Universitas Palangka Raya.
“Kami sudah melaksanakan rehabilitasi asrama mahasiswa asal Barut tersebut pada 2016,” ujar Sekda.
Dia menjelaskan, perbaikan asrama  meliputi enam buah WC beserta kelengkapannya, pembuatan saluran air berupa drainase dari belakang ke depan dan penggantian sebagian jaringan listrik.
Selain itu, perbaikan lantai teras depan serta membantu TV led ukuran besar.
Pemkab Barut juga merespons pengusulan pengurus asrama mahasiswa itu guna membiayai langganan koran setiap hari.
Pihaknya sudah beberapa kali membuat surat dan berkoordinasi langsung dengan Universitas Palangka Raya, untuk memohon adanya jaminan pinjam pakai lokasi, baik jangka menengah dan panjang, sebagai jaminan agar Pemkab Barut dapat melanjutkan rehabilitasi berat asrama mahasiswa tersebut.
“Namun sampai saat ini, Universitas Palangka Raya belum memberikan jawaban secara tertulis. Karena itu, Pemkab Barut belum melanjutkan rehabilitasi berat asrama tersebut,” kata Sekda.
(anjas)

Leave a Reply