Pemkab Cianjur Pusatkan Penjualan Hewan Kurban

    Cianjur, jurnalsumatra.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2018, Pemkab Cianjur, Jawa Barat, akan memusatkan penjualan hewan kurban di area Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, sehingga tidak ada lagi pedagang yang berjualan di pinggir jalan bahkan diatas trotoar.
Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Senin, mengatakan selama ini banyak penjual hewan kurban yang berjualan di samping trotoar bahkan di atas trotoar seperti di Jalan KH Abdullah bin Nuh, Jalan Raya Bandung dan beberapa ruas jalan lainnya.
“Keberadaan pedagang hewan kurban dadakan di jalan protokol dan diatas trotoar setiap tahun itu, banyak dampaknya. Termasuk menyebabkan kemacetan karena pembeli memarkir kendaraan di pinggir jalan,” katanya.
Pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Peternakan Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan, Satpol PP dan OPD terkait tentang pemusatan penjualan hewan kurban.
“Lahan seluas beberapa hektar di samping Pasar Induk Pasirhayam menjadi lokasi pusat penjualan hewan kurban yang diutamakan jenis sapi karena untuk kambing atau domba diarahkan di pasar hewan di Jalan Siliwangi,” katanya.

     Pihaknya menilai dengan pemusatan penjualan, pengawasan terhadap hewan ternak dapat lebih optimal terutama dari segi kesehatan lebih mudah dilakukan agar hewan kurban yang dijual terjamin kesehatannya.
“Pedagang yang membandel dengan tetap berjualan di wilayah perkotaan akan dilakukan tindakan tegas oleh Satpol PP. Untuk wilayah lain kami sedang membuat kebijakan,” katanya.
Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Cianjur, Parwinia mengatakan menghadapi Idul Adha, pihaknya menerjunkan tim kesehatan hewan dari setiap UPTD.
Tiga puluh orang petugas akan berkeliling ke setiap penjualan hewan kurban untuk memastikan hewan yang dijual terhindar dari penyakit dan cacing serta terjamin untuk dikonsumsi.
“Tim akan berkeliling ke tempat penjualan heewan kurban untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan. Kami juga menempatkan petugas di pasar hewan yang ada di Cianjur,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =