Pemkab Deliserdang Maksimalkan Program Pemenuhan Hak Anak

     Lubuk Pakam, Sumut, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang, Sumatera Utara, terus berupaya memaksimalkan berbagai program sebagai salah satu upaya dalam melaksanakan perlindungan dan pemenuhan hak anak.
Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, di Lubuk Pakam, Jumat, mengatakan, pihaknya terus berupaya menjadikan daerah itu sebagai daerah layak anak yang memang sudah menjadi tekad bersama selama ini dan untuk itu berbagai program sudah dilaksanakan.
Seperti di lingkungan pendidikan dengan gerakan “Mesra Bertuah” yakni bersinerjinya pemerintah bersama masyarakat   melakukan penguatan kepada  para guru tentang perlindungan terhadap anak didik.
Kemudian, tindakan apa yang harus dilakukan dan penguatan terhadap peran orang tua serta melengkapi fasilitas  yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak.

Demikian juga Program “Cerdas” yaitu program percepatan rehabilitasi dan apresiasi terhadap sekolah melibatkan   peran pemerintah didukung pihak swasta dan partisipasi masyarakat sehingga dapat mewujudkan gedung-gedung sekolah nyaman untuk proses belajar dan mengajar.
Sedangkan di setiap kecamatan telah difasilitasi tempat bermain anak dilengkapi taman bacaan dan musholla, demikian juga Puskesmas yang ada rata-rata sudah menuju Puskesmas ramah anak.
Sedangkan di setiap desa sudah menggerakkan penguatan keluarga lewat anggaran dana desa nya.
“Bahkan untuk 2019 akan selesai dibangun rumah singgah yang terletak di Kecamatan Beringin guna menampung anak-anak kurang mampu serta  orang tua  jompo  yang tidak mampu lagi mengurusi dirinya sendiri,” kata Bupati. (anjas)

Leave a Reply