Pemkab Diminta Bangun Setor Pertanian Terintegrasi Pariwisata

   Kulon Progo,  jurnalsumatra.com – Fraksi PKB DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pemerintah setempat membangun sektor pertanian dan pariwisata secara terintegrasi untuk memberikan peningkatan terhadap nilai tukar petani.
Ketua Fraksi PKB DPRD Kulon Progo Suharto di Kulon Progo, Rabu, mengatakan sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan merupakan penyumbang PDRB terbesar, sehingga perlu pembangunan sektor pertanian terintegrasi dengan sektor lain, misalnya sektor pariwisata.
“Kami minta pemkab menyusun regulasi yang konkrit dan terukur agar dapat memberikan peningkatan terhadap nilai tukar petani, memberikan asuransi kepada petani, perlindungan dan perluasan lahan pertanian. Hal ini diharapkan meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Suharto.
Ia mengatakan ke depan, sektor pertanian harus dilakukan berbagai terobosan inovasi teknologi pertanian. Kalau tidak diantisipasi dari sekarang, lahan pertanian akan beralih fungsi, dan tidak ada generasi muda yang tertarik menjadi petani karena dianggap tidak memberikan kesejahteraan.

   “Pemkab harus mengantisipasi hilangnya sektor pertanian seiring pembangunan bandara di Kulon Progo. Untuk itu, sektor pertanian harus ada inovasi dan terobosan baru dibidang teknologi pertanian,” katanya.
Ketua Pansus Raperda RPJMD 2017-2022 DPRD Kulon Progo Hamam Cahyadi meminta pemkab mencetak sawah baru seluas-seluasnya mengantisipasi alif fungsi lahan pertanian karena adanya bandara. Diperkirakan, alih fungsi lahan di Kulon Progo dalam lima tahun kedepan lebih dari 400 hektare.
Cetak sawah baru perlu didukung penambahan jaringan irigasi atau drainase baru. Pemkab agar memanfaatkan dana keistimewaan DIY dalam program ini. Perbaikan dan pemeliharaan secara rutin terhadap saluran irigasi dan drainase guna optimalisasi pelayanan serta upaya pengendalian banjir.
“Sangat dibutuhkan penambahan drainase baru maupun embung untuk pencegahan banjir,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 3 =