Pemkab Gandeng IBI Maksimalkan Pencatatan Data Kependudukan

     Painan, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berencana menggandeng Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dalam upaya memaksimalkan pencatatan kependudukan di daerah itu.
“Saat ini nota kesepahamannya telah kami siapkan, tinggal penandatanganan saja lagi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat, Reva F Yuliasman di Painan, Sabtu.
Salah satu poin pada nota kesepahaman itu adalah khusus bagi bidan yang memiliki klinik pribadi akan membantu ibu melahirkan dalam pencatatan kependudukan.
“Jadi setelah si ibu dibolehkan pulang ia tidak hanya akan membawa surat keterangan lahir dari bidan, namun juga akte kelahiran anak yang dilahirkan serta telah dimasukkan ke daftar kartu keluarganya,” sebutnya.
Dalam prosesnya, kata dia, bidan hanya tinggal menghubungi petugas unit kerja layanan kependudukan dan pencatatan sipil yang berada tiap kecamatan, selanjutnya petugas akan mendatangi bidan dan membawa dokumen yang telah disiapkan.

     Selanjutnya dokumen tersebut diproses, setelah selesai diantar langsung ke bidan dan bidan langsung menyerahkannya ke ibu yang melahirkan ketika ia diperbolehkan pulang.
“Ini merupakan inovasi dari kami dalam upaya memudahkan masyarakat mendapat layanan kependudukan, sehingga mereka tidak perlu lagi mendatang kantor pelayanan yang pasti akan menghabiskan waktu dan biaya,” katanya lagi.
Selanjutnya inovasi itu juga dimaksud untuk kembali menorehkan catatan positif dalam hal penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) yang pada 2017 kabupaten setempat meraih peringkat satu dari kabupaten/kota di Sumatera Barat.
Waktu itu dari 521.352 jiwa penduduk, 165.602 di antaranya berusia di bawah 17 tahun, dan 91, 15 persen sudah memiliki akta kelahiran.
Dengan pencapaian tersebut selain meraih peringkat pertama di Sumatera Barat, berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 471.13- 112 2017 kabupaten itu juga meraih peringkat enam nasional.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =